HEADLINE

KKP Gandeng Pemda Lakukan Penataan Ruang Laut

KKP Gandeng Pemda Lakukan Penataan Ruang Laut

KBR, Jakarta- Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama pemerintah daerah akan melakukan penataan ruang laut. Ini dilakukan pasca MoU KKP dengan Presiden dalam melakukan penyelamatan sumber daya alam di sektor kelautan.

Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil, Kementerian Kelautan, Sudirman Saad mengatakan pekan depan Menteri Kelautan dan Perikanan akan membahas perencanaan peta sumber daya alam perikanan bersama masing-masing kepala daerah.

Kata dia, pemerintah akan mengeluarkan dua kebijakan baru untuk membuka peluang investasi di bidang perikanan tangkap.

"Oleh karena itu, ada rencana kita melakukan sosialisasi dan ini akan berjalan terus. Misalnya, pada Selasa yang akan datang kami akan melakukan pertemuan di Sumatera Utara untuk menjelaskan apa langkah-langkah yang akan dilakukan dukungan pemerintah daerah dalam rangka mengelola sumber daya alam kelautan,” papar Sudirman.


Ia menambahkan pemerintah juga akan segera memoratorium perizinan kapal asing sehingga para nelayan yang melaut harus menggunakan kapal buatan Indonesia.

Sebelumnya, pada Kamis (19/3), sebanyak 29 kementerian/lembaga serta 12 pemerintahan provinsi menandatangani nota kesepakatan bersama (MoU) tentang Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam di Istana Negara. Dalam kesepakatan tersebut, program penyelamatan SDA diperluas hingga sektor perkebunan dan kelautan.

  • KKP
  • laut

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!