BERITA

Kemenkes Temukan 400 Ribu Lebih Pengidap TB di Indonesia

"Kementerian Kesehatan mencatat 460 ribu pasien tuberkulosis di Indonesia. "

Evelyn Falanta

Kemenkes Temukan 400 Ribu Lebih Pengidap TB di Indonesia
Ilustrasi (foto: Antara)

KBR, Jakarta - Kementerian Kesehatan mencatat 460 ribu pasien tuberkulosis di Indonesia.

Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung dari Kementerian Kesehatan, Sigit Priyo Utomo mengatakan, pasien tuberkulosis terbanyak dialami oleh masyarakat yang tinggal di wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur. Saat ini, pemerintah terus berupaya menjalankan program pencarian masyarakat yang mengidap tuberkulosis. 

"Dan yang tahun kemarin 2014 itu kita telah menemukan sekitar 340 ribu yang kita temukan oleh program. Program kita meningkatkan terus pencarian orang yang memiliki tuberkulosis. Kemudian kita periksa dengan baik seluruh orang yang menenujukkan gejala itu dan apabila sudah kita temukan kita akan obatin,” kata Sigit.


Sigit Priyo Utomo mengimbau agar masyarakat segera periksa apabila mengalami gejala tuberkulosis seperti batuk yang tak kunjung sembuh.

Sebelumnya, data Organisasi Kesehatan Dunia WHO mencatat ada sekitar tiga juta penderita tuberkulosis yang tidak terjangkau sistem layanan kesehatan publik. 

  • kemenkes
  • Tuberkulosis

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!