BERITA

Cegah Korupsi SDA, KPK Pinjam Tangan DPD

"Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggandeng Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mencegah korupsi sumber daya alam (SDA). "

Ninik Yuniarti

Cegah Korupsi SDA, KPK Pinjam Tangan DPD
ilustrasi

KBR,Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggandeng Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mencegah korupsi sumber daya alam (SDA).

Plt Ketua KPK Taufiqurrahman Ruki mengatakan, DPD memiliki akses ke daerah untuk memuluskan proses pencegahan. Kata dia, tindakan pencegahan korupsi terbukti lebih bermanfaat daripada penindakan.

"Pada sisi pencegahan, kami sedang mengelola, meningkatkan, mendayagunakan, memperbaiki pengelolaan SDA. Dan SDA ini ada di daerah. Banyak hal-hal yang harus dibenahi, antara lain, tumpang tindihnya perizinan, peruntukan, dan hal-hal yang menurut KPK bisa diperbaiki, dengan meminjam tangannya para anggota DPD,” kata Taufiqurahman Ruki seusai pertemuan dengan DPD di Kantor DPD, Jumat (27/3/2015).

Taufiqurahman Ruki menambahkan, upaya pencegahan KPK di sektor SDA tahun lalu mampu menambah pendapatan negara hingga Rp 34 triliun. Selain itu, upaya ini juga mampu menaikkan pendapatan pajak dari 950 triliun menjadi Rp 1250 triliun. 

Editor: Antonius Eko

  • KPK
  • dpd
  • sumber daya alam

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!