covid-19

Bulog Hentikan Operasi Pasar

Karena panen raya sudah mulai.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 19 Mar 2015 14:18 WIB

beras, pasar

Penjual beras di pasar (foto: Antara)

KBR, Jakarta - Badan Urusan Logistik (Bulog) mulai Jumat (20/3), menghentikan operasi pasar beras lantaran sejumlah daerah sudah mengalami panen raya. 


Direktur Pelayanan Publik Bulog Lely Perlitasari mengatakan penghentian itu akan dilakukan dengan menarik petugas di lapangan. Selain itu, hari ini Bulog juga mulai melakukan penyerapan gabah kering ke petani yang sudah panen. Adapun wilayah yang tengah panen raya seperti Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.


"Karena panen sudah mulai berarti suplai di pasar dan masyarakat sudah mulai banyak. Artinya, operasi pasar sudah kita instruksikan berhenti besok. Jadi, bagi Bulog memantau situasi panen dalam konteks apakah di situ sudah ada yang bisa kita serap," kata Lely. 


Ia menambahkan sepanjang tahun ini Bulog menargetkan dapat melakukan pengadaan gabah kering ke petani sebanyak 2,75 juta ton. Angka pengadaan ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya 2,3 juta ton. 


Sebelumnya, sejak melambungnya harga beras di pasaran pada Januari-Februari lalu pemerintah terus menggelar operasi pasar. Kenaikkan harga beras beberapa waktu lalu disebabkan oleh keterlambatan Bulog menyalurkan beras raskin pada akhir tahun lalu.


Editor: Antonius Eko  

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ramai Cukai Rokok Mau Naik, Apa Kata Pakar dan DPR?