NASIONAL

Wapres: Negara se-Asia Pasifik Mesti Saling Percaya dalam Pencarian MH370

Wapres: Negara se-Asia Pasifik Mesti Saling Percaya dalam Pencarian MH370

KBR68H, Jakarta - Pemerintah Indonesia meminta negara-negara se-Asia Pasifik untuk menerapkan asas saling percaya dalam kerjasama maritim yang tengah dirintis. Himbauan ini dilontarkan Wakil Presiden Boediono saat membuka dialog Pertahanan Internasional di Jakarta. Menurut Boediono, asas saling percaya bisa diterapkan saat ini dalam  kerjasama negara-negara Asia Pasifik dalam mencari pesawat Malaysia Airlines yang hilang sejak 8 Maret lalu.

"Kita harus mengikuti perkembangan ini dengan baik dan menuai manfaat yang bisa kita dapatkan dari perubahan ini. Lalu ikut bergabung mencari pesawat MH370 yang saat ini masih hilang. Oleh karena itu kerjasama maritim bisa digunakan untuk mengurangi ketegangan. Targetnya sudah jelas, dengan meningkatkan keamanan maritim, membangun kepercayaan antar negara,"
ujar Boediono di Jakarta, Rabu (19/3).

Sebelumnya, surat kabar asal Malaysia, Harian Utusan Malaysia memojokkan Indonesia dalam kasus hilangnya pesawat Malaysia Air Lines MH370. Kedutaan Besar Indonesia untuk Malaysia mengatakan, Malaysia tidak percaya bahwa radar Indonesia tidak menangkap sinyal pesawat MH370. Indonesia dituding sengaja mematikan radar agar pesawat tersebut tidak terdeteksi. Indonesia bahkan dituding terlibat dalam sebuah gerakan rahasia.

Editor: Dimas Rizky

  • MH370
  • Boediono
  • Pesawat
  • Asia Pasifik
  • Harian Utusan Malaysia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!