Tingkatkan Produksi Garam, Pemerintah Gelontorkan 8,7 Miliar

KBR68H, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengelontorkan dana sebesar Rp 8,7 miliar untuk mengembangan produksi garam nasional.

NASIONAL

Minggu, 16 Mar 2014 15:50 WIB

Author

Novaeny Wulandari

Tingkatkan Produksi Garam, Pemerintah Gelontorkan 8,7 Miliar

KKP, Garam Lokal, Produksi

KBR68H, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengelontorkan dana sebesar Rp 8,7 miliar untuk mengembangan produksi garam nasional. Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo mengatakan, nantinya tiap kelompok akan mendapatkan dana sebesar 80 juta rupiah. Kata dia pengelontoran dana ini untuk meningkatkan swasembada garam nasional supaya dapat mengurangi impor garam. Dana dapat diperoleh petani melalui Program Peningkatan Usaha Garam Rakyat (PUGAR).

"43 Kabupaten/Kota yang ada pesisirnya dan memang bisa mempunyai curah hujan yang minimal. Langsung ke petani dengan usulan-usulan dari daerah, dari Bupati dari Kepala Dinas di daerah. Kelompok-kelompok yang by name by adres yang sudah bisa dipertanggung jawabkan gitu," ujar Sharif saat dihubungi KBR68H.

Menteri KKP Sharif C. Sutardjo menambahkan, petani dapat mengambil dana gelontoran ini melalui Program Peningkatan Usaha Garam Rakyat (PUGAR). Untuk itu pihaknya telah menetapkan 7 lokasi sentra PUGAR. Yaitu kabupaten Cirebon, Indramayu, Rembang, Pati, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep. Selain itu, KKP juga telah menetapkan 43 Kabupaten/Kota penyangga PUGAR, diantaranya Karangasem, Buleleng, Bima, dan Sumbawa.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pemerintah Ngotot Gelar Pilkada 2020, Golput Mencuat