Pengamati: Capres Harus Adu Program Bukan Saling Menjatuhkan

KBR68H, Jakarta - Pakar komunikasi politik Tjipta Lesmana meminta para calon presiden pemilu 2014 tidak saling menjatuhkan.

NASIONAL

Minggu, 30 Mar 2014 11:42 WIB

Author

Danu Mahardika

Pengamati: Capres Harus Adu Program Bukan Saling Menjatuhkan

Capres, Program, Pemilu

KBR68H, Jakarta - Pakar komunikasi politik Tjipta Lesmana meminta para calon presiden pemilu 2014 tidak saling menjatuhkan. Dia menilai sikap tersebut hanya akan membuat rakyat tidak simpati sehingga bisa mengurangi perolehan suara. Tjipta memberi contoh sikap capres Partai Gerindra Prabowo Subianto yang dinilai menjatuhkan salah satu kandidat capres. Menurutnya, Prabowo harus lebih fokus pada sosialisasi progamnya ketimbang menjatuhkan capres lain, agar perolehan suaranya tidak turun.

"Attack-attack terus, rakyat tidak simpati, Gerindra akan jatuh. Jatuh artinya perolehan suara. Jangan menyerang terus kanan kiri kanan tidak bagus. Ini bukan hanya untuk Prabowo, untuk politisi lain juga sama. Jangan terus menyerang, kita harus tanamkan kepada rakyat, apa yang akan saya bawa ini kalau saya jadi presiden, apa yang akan saya perbaiki kalau partai saya menang," jelasnya di Jakarta, Sabtu (29/3)

Pakar komunikasi politik Tjipta Lesmana menambahkan, persaingan antar capres sebaiknya dilakukan secara sehat. Misalnya dengan adu program unggulan atau adu visi misi. Kata dia cara ini lebih efektif untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para capres pemilu mendatang. (Baca: Ikan Kerempeng Waketum Gerindra)



Editor: Rumondang Nainggolan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Ngopi Bersama Azul Eps 38: Kementerian Baru, Atur-atur Nomenklatur

Kabar Baru Jam 15

Cek Fakta Top 5 Hoax of The Week 17-24 Agustus 2019

Kabar Baru Jam 14

Cerdaskan Petani Dengan Rumah Koran