Paripurna DPR Setujui Pengganti Hakim Akil dan Harjono

Paripurna DPR menyetujui dua nama yaitu Wahiduddin Adams dan Aswanto sebagai Hakim Konstitusi yang baru. Dua hakim tersebut nantinya bakal menggantikan bekas Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar dan juga Harjono yang pensiun bulan ini.

NASIONAL

Kamis, 06 Mar 2014 21:27 WIB

Author

Wiwik Ermawati

Paripurna DPR Setujui Pengganti Hakim Akil dan Harjono

Hakim MK, Akil dan Harjono, Wahiduddin Adams dan Aswanto

KBR68H, Jakarta - Paripurna DPR menyetujui dua nama yaitu Wahiduddin Adams dan Aswanto sebagai Hakim Konstitusi yang baru. Dua hakim tersebut nantinya bakal menggantikan bekas Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar dan juga Harjono yang pensiun bulan ini.

Ketua Komisi Hukum DPR, Peter Zulkifli mengatakan, kedua hakim tersebut merupakan rekomendasi dari tim pakar seleksi hakim konstitusi.

“Berdasarkan hasil pemungutan suara, Komisi 3 DPR RI memutuskan dan menetapkan dua hakim konstitusi berdasarkan perolehan suara terbanyak sebagai berikut,nomer 1 Doktor Wahidudin Adams 46 suara, Nomer 2 Prof Aswanto 23 suara,” kata Peter di Gedung DPR, Kamis (6/3).

Sebelumnya ada sekitar 11 calon hakim konstitusi yang diuji oleh tim pakar dan anggota komisi hukum DPR. Dari 11 nama tersebut, akhirnya tim pakar memberikan empat nama untuk dipilih menjadi dua oleh para anggota komisi hukum. Pemilihan dua hakim itu dilakukan secara voting yang dilakukan 50 anggota Komisi Hukum DPR.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Tetap Aman dan Sehat Beraktivitas Saat Pandemi

Catatan Vaksin Mandiri

Wapres Bicara Vaksinasi untuk Lansia