KPPU: Banding Kemendag Bakal Sia-sia

KBR68H, Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menilai upaya banding yang diajukan Kementerian Perdagangan terkait kartel bawang putih akan sia-sia.

NASIONAL

Sabtu, 22 Mar 2014 10:23 WIB

Author

Eli Kamilah

KPPU: Banding Kemendag Bakal Sia-sia

bawang putih, KPPU, banding, kemendag

KBR68H, Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menilai upaya banding yang diajukan Kementerian Perdagangan terkait kartel bawang putih akan sia-sia. Juru Bicara KPPU Muhammad Reza mengatakan ini lantaran KPPU memiliki bukti kuat terkait pelanggaran yang dilakukan pejabat Kementerian Perdagangan. Meski demikian, dia mempersilahkan kementerian perdagangan untuk mengajukan banding.

“Kalau pemerintah mau mengajukan hal tersebut, ya monggo saja, itu hak mereka yang menjadi terlapor di KPPU. Silakan saja akan dilakukan. Saran dari kami ya laksanakan saja putusannya, toh sudah selesei diputuskan,” kata Reza kepada KBR68H Sabtu, (22/3)

Sebelumnya, KPPU menyatakan Menteri Perdagangan dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri bersalah dalam kasus kartel bawang. Keduanya terbukti melakukan persengkokolan dengan pelaku usaha dan menghambat produksi atau pemasaran. Akibatnya ketersediaan bawang putih berkurang. Selain itu juga, KPPU menjatuhkan sanksi terhadap 19 perusahaan importir bawang putih karena terbukti melakukan monopoli perdagangan.

Editor: M Irham

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Perlindungan Hukum untuk Para Pembela HAM Masih Lemah