NASIONAL

Kabut Pekat, Penerbangan Ke Pekanbaru Dialihkan ke Batam dan Medan

"KBR68H, Jakarta - Dua pesawat yang akan mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau dialihkan ke Batam dan Medan akibat kabut asap pekat yang mengelilingi bandara tersebut."

Danu Mahardika

Kabut Pekat, Penerbangan Ke Pekanbaru Dialihkan ke Batam dan Medan
Kabut Asap, Pekanbaru, Kebakaran Lahan, Penerbangan

KBR68H, Jakarta - Dua pesawat yang akan mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau dialihkan ke Batam dan Medan akibat kabut asap pekat yang mengelilingi bandara tersebut. Manajer Bandara SSK II, Ibnu Hasan mengatakan, jarak pandang di sekitar bandara terus menurun sejak pagi tadi hingga yang terparah yaitu hanya sejauh 300 meter. Menurutnya, hal ini juga mengakibatkan sejumlah penerbangan dari bandara tersebut ditunda.

"Jarak pandang pukul 5.30 tadi itu 800 meter. Pukul 6 turun jadi 500 m. Pukul 7 turun lagi jadi 400 m. Kemudian pukul 8 sampai sekarang ini 300 meter. Pesawat sampai sekarang ini belum ada yang mendarat. Citylink dialihkan ke Batam, kemudian Tiger Mandala ke Kualanamu Medan," jelas Ibnu Hasan saat duhubungi KBR68H, Sabtu (9/3).

Manajer Bandara SSK II, Ibnu Hasan menambahkan, kasus kabut asap yang sering mengganggu aktivitas penerbangan di Pekanbaru belakangan ini membuat sejumlah maskapai merombak jadwal penerbangan mereka. Maskapai mengurangi jadwal terbang di pagi hari karena sering terganggu kabut asap. Hingga kini, masih ada 400 lebih titik api di Riau, hal ini menyebabkan wilayah tersebut kerap diselimuti kabut asap yang semakin pekat. Modifikasi cuaca berupa hujan buatan sudah dilakukan namun belum memberikan hasil yang signifikan.

  • Kabut Asap
  • Pekanbaru
  • Kebakaran Lahan
  • Penerbangan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!