NASIONAL

ICW Dukung Negara Danai Parpol, Asal...

"LSM Anti Korupsi ICW mendukung wacana pemberian dana oleh negara bagi partai politik yang bertujuan mencegah korupsi. Koordinator ICW Ade Irawan mengatakan, negara bisa mengucurkan dana untuk kegiatan rutin parpol, seperti yang dipraktikkan di beberapa ne"

Ninik Yuniarti

ICW Dukung Negara Danai Parpol, Asal...
icw, dana, parpol

KBR68H Jakarta -  LSM Anti Korupsi ICW mendukung wacana pemberian dana oleh negara bagi partai politik yang bertujuan mencegah korupsi. Koordinator ICW Ade Irawan mengatakan, negara bisa mengucurkan dana untuk kegiatan rutin parpol, seperti yang dipraktikkan di beberapa negara. 


Namun syaratnya kata dia, harus ada sistem pelaporan keuangan secara transparan serta penegakan hukum yang tegas bagi yang melanggar aturan. Bila prasyarat tersebut belum terpenuhi, potensi korupsi oleh partai politik maupun kadernya tetap tinggi.


Ade Irawan menambahkan, selama ini partai politik banyak memperoleh sokongan dana dari pengusaha atau dari sumber yang tidak jelas. Menurutnya, hal ini juga membuat persaingan di dalam internal parpol menjadi tidak sehat. 


Di banyak parpol, penentuan calon legislatif didasarkan pada jumlah kekayaan bukan kualitas dan integritas. Akibatnya, calon-calon pemimpin yang baik, tersingkir dari panggung politik.


Editor: Antonius Eko 

  • icw
  • dana
  • parpol

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!