NASIONAL

Harga Cabe Meroket, Pemerintah Diminta Segera Impor

"KBR68H, Jakarta - Pedagang pasar meminta pemerintah segera mengimpor cabai lantaran harga cabai di pasaran melonjak tinggi. Saat ini, harga cabai berada di kisaran Rp. 80 ribu per kilogramnya."

Harga Cabe Meroket, Pemerintah Diminta Segera Impor
harga cabe, pedagang

KBR68H, Jakarta - Pedagang pasar meminta pemerintah segera mengimpor cabai lantaran harga cabai di pasaran melonjak tinggi. Saat ini, harga cabai berada di kisaran Rp. 80 ribu per kilogramnya.

Padahal harga normal sekitar Rp25 ribu per kilogram. Salah seorang pengurus Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia Beny Kusbini mengatakan, tingginya harga cabai itu disebabkan kurangnya pasokan tanaman jenis hortikultura itu.

"Kalau misalnya di daerah di Indonesia tidak ada, satu-satunya jalan di impor. Misalnya di Sulawesi Selatan, NTB, Sulawesi Utara, Medan, apakah ada? Ini harus segera diangkut karena yang paling banyak konsumsi adalah pulau Jawa. Ini kadang transportasi tidak mendukung karena tidak berpendingin. Rusak itu barang. Kadang harus naik pesawat, tapi mahal," ujar Ketua Bidang Holtikultura APPSI Beny Kusbini ketika dihubungi KBR68H, Senin (31/3).

Beny Kusbini mengatakan, harga cabai sekarang kebanyakan berkisar pada 50-60 ribu. Kelangkaan cabai muncul akibat produksi panen hanya mencapai sekitar 30 persen dari produksi normal akibat cuaca buruk.

Untuk jangka panjang, Benny menyarankan pemerintah membangun infrastruktur berupa gudang berpendingin dan industri olahan cabai.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • harga cabe
  • pedagang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!