Bawaslu Dukung KPAI Pidanakan Partai Libatkan Anak Dalam Kampanye

KBR68H, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendukung rencana Komisi Perlindungan Anak Indonesia KPAI yang akan mempidanakan partai yang melibatkan anak saat kampanye.

NASIONAL

Minggu, 30 Mar 2014 11:41 WIB

Author

Sasmito Madrim

Bawaslu Dukung KPAI Pidanakan Partai Libatkan Anak Dalam Kampanye

KPAI, Kampanye, Partai Politik, Anak

KBR68H, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendukung rencana Komisi Perlindungan Anak Indonesia KPAI yang akan mempidanakan partai yang melibatkan anak saat kampanye. (Baca: Libatkan Anak, KPAI Bakal Panggil 3 Parpol). Anggota Bawaslu Daniel Zuchron mengatakan, pemidanaan dinilai lebih efektif daripada pemberian sanksi oleh Bawaslu. Selain itu kata dia, KPAI merupakan lembaga yang tepat melaporkan kasus tersebut dengan pasal UU anak.

“Kalau itu (pelanggaran) terus terjadi dan terus kita ingatkan. Tidak ada masalah soal penanganan. Tapi soal efektifitas kita melihat soal-soal teknis dan regulasi. Mengingat KPAI berdasarkan temuan itu seharusnya berani memidanakan itu. Kalau ada pertemuan lagi, kita bisa maju bersama ke kantor kanwil pidana pemilu,” ujar Daniel Zuchron.

Sebelumnya, KPAI mencatat 135 kasus pelanggaran kampanye yang melibatkan anak-anak. Tiga partai politik yang paling banyak melanggar yaitu PDIP, Golkar, dan Gerindra. KPAI menyatakan akan memangggil ketiga partai tersebut. Bila terus membandel, KPAI berencana membawa kasus tersebut ke ranah pidana.


Editor: Rumondang Nainggolan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tim Teknis Pengungkapan Kasus Novel Dinilai Belum Ungkap Apapun