Bagikan:

Andi Mallarangeng Tuduh Adiknya Minta Fee Hambalang

KBR68H, Jakarta - Terdakwa dugaan korupsi mega proyek Hambalang Andi Mallarangeng menyebut adiknya Choel Mallarangeng yang meminta fee atau imbalan atas proyek tersebut.

NASIONAL

Senin, 17 Mar 2014 19:24 WIB

Andi Mallarangeng Tuduh Adiknya Minta Fee Hambalang

andi mallarangeng, Hambalang, korupsi

KBR68H, Jakarta - Terdakwa dugaan korupsi mega proyek Hambalang Andi Mallarangeng menyebut adiknya Choel Mallarangeng yang meminta fee atau imbalan atas proyek tersebut.

Menurut Andi, adiknya Choel telah mengakui perbuatannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bekas Menteri Pemuda dan Olahraga itu meminta kepada Majelis Hakim untuk menerapkan prinsip hukum agar dirinya tidak ikut terjerat dalam bukti penerimaan imbalan tersebut.

"Saya tetap harus menegaskan sebuah prinsip hukum bahwa pertanggung jawaban terhadap sebuah perbuatan harus ditanggung oleh individu pelakunya. Hukum dan tanggung jawab sebagai seorang subyek hukum tidak mengenal hubungan darah, tetapi bersidat perseorangan. Siapa yang berbuat siapa yang tanggung jawab. Kalau saya mengingkari prinsip hukum ini sebagai kakak, say justru menjerumuskan Choel dalam kesalahan yang lebih jauh lagi. Prinsip hukum seperti itulah yang tidak terlihat salam Surat Dakwaan Jaksa KPK kepada saya M bagi Jaksa KPK kesalahan yang dilakukan Choel kesalahan saya juga," ujar Andi Mallarangeng di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (17/3).

Terdakwa dugaan korupsi mega proyek Hambalang, Andi Mallarangeng menambahkan, jika permintaan fee tersebut sudah ada sejak dirinya belum menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Kala itu angka fee yang diajukan sebesar tujuh hingga delapan persen namun setahun kemudian berubah menjadi 15-18 persen.

Menurut Andi, penjelasan dari bekas Sesmenpora Wafid Muharam tetang permintaan fee sebesar 18 persen tidak berdasar dan tidak didengar langsung oleh Wafid. Untuk itu politisi Partai Demokrat itu meminta penyidik KPK menelusuri lebih lanjut terkait hal itu.

Sebelumnya terdakwa Andi Mallarangeng menyampaikan nota keberatan atas dakwaan terhadap dirinya. Ia didakwa telah menerima uang sebesar Rp4,5 miliar dan 500.000 Dollar Amerika terkait proyek ini melalui adiknya Choel Mallarangeng.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih