NASIONAL

Ada 250 Ribu Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan Sepanjang 2013

"KBR68H, Jakarta - Komisi Nasional Antikekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) mencatat hampir 250 ribu kasus kekerasan terhadap perempuan terjadi sepanjang tahun 2013."

Wiwik Ermawati

Ada 250 Ribu Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan Sepanjang 2013
kekerasan perempuan, komnas perempuan, pelecehan, penyiksaan perempuan, pemerkosaan perempuan

KBR68H, Jakarta - Komisi Nasional Antikekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) mencatat hampir 250 ribu kasus kekerasan terhadap perempuan terjadi sepanjang tahun 2013.

Komisioner Komnas Perempuan Saur Tumiur Situmorang mengatakan, lebih dari setegahnya, kekerasan dilakukan oleh personal yaitu kekerasan yang dilakukan oleh suami kepada istri. Kata Saur, kekerasan yang dilakukan umumnya berupa kekerasan secara psikis atau psikologi, kekerasan ekonomi dan kekerasan secara fisik.

Sementara menurutnya sekitar 50 persen lebih kekerasan yang sering dialami perempuan yaitu kekerasan secara psikis misalnya perceraian, poligami, serta menikah di bawah umur.

“Dari 15 itu hanya tiga yang kita temukan, yang pertama itu kekerasan psikis ada 50% itu yang tertinggi. Kemudian ada kekerasan ekonomi 40%, kemudian ada kekerasan fisik itu hanya 2%. Kemudian pengadilan agama tidak mengidentifikasi adanya kekerasan seksual. Tapi barangkali kita bisa menganalisisnya itu adalah hubungan tidak harmonis barangkali karena terjadi kekerasan seksual,” kata Sur di Gedung Komnas Perempuan

Komisioner Komnas Perempuan Saur Tumiur Sitomorang menambahkan, angka kekerasan tersebut diambil dari laporan pengadilan agama dan sejumlah organisasi di 30 provinsi di Indonesia.

Selain kekerasan yang dilakukan secara personal, Komnas Perempuan juga mencatat ada sekitar ribuan kasus kekerasan yang dilakukan di ranah komunitas dan juga beberapa kasus kekerasan perempuan dalam ranah negara. Untuk Itu Komnas Perempuan berharap pemerintah tegas dalam membuat aturan yang melindungi kepentingan perempuan.


Editor : Rony Rahmatha

  • kekerasan perempuan
  • komnas perempuan
  • pelecehan
  • penyiksaan perempuan
  • pemerkosaan perempuan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!