NASIONAL

79 Ribu Kartu Jakarta Pintar Salah Sasaran

79 Ribu Kartu Jakarta Pintar Salah Sasaran
Kartu Jakarta Pintar

KBR68H Jakarta - LSM Anti Korupsi Indonesia Corruption Watch ICW mencatat sedikitnya 79 ribu siswa atau sekitar 20 persen penerima Kartu Jakata Pintar salah sasaran.

Peneliti ICW Siti Juliantari mengatakan, banyak dari penerima KJP yang tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Diantaranya, ada yang merokok, memakai narkoba, menggunakan kendaraan pribadi, dan berpenghasilan menengah ke atas.

"Jadi ternyata yang dapat ada yang merokok, ada yang pakai narkoba, ada yang pemanfaatan internetnya tinggi, pendapatannya cukup baik, maka tidak sesuai kriteria. Kemungkinan dari data 405 ribuan penerima KJP di Jakarta, jika kita hitung 19,4 persennya saja salah sasaran. Maka ada sekitar 78.570 orang penerima KJP yang tidak layak menerima dana ini," kata Siti Juliantari di Cikini Jakarta, (31/3).

Siti Juliantari menambahkan, pola pendataan penerima KJP yang dilakukan Dinas Pendidikan Jakarta masih buruk. Menurutnya, dari sekitar 650 ribu penerima KJP yang tercatat, 32 persennya di antaranya tidak bisa dikonfirmasi keberadaannya.

Penelitian ICW tentang KJP ini berlangsung mulai Februari hingga Maret 2014 di semua wilayah di Jakarta kecuali Kepulauan Seribu.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • Kartu Jakarta Pintar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!