PGI Akan Laporkan Kriminalisasi Palti Panjaitan ke Kompolnas

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) berencana melaporkan kriminalisasi Pendeta HKBP Filadelfia, Palti Panjaitan ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

NASIONAL

Selasa, 12 Mar 2013 23:17 WIB

Author

Muhammad Irham

PGI Akan Laporkan Kriminalisasi Palti Panjaitan ke Kompolnas

HKBP Filadelfia

KBR68H, Jakarta – Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) berencana melaporkan kriminalisasi Pendeta HKBP Filadelfia, Palti Panjaitan ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Sebelumnya Palti Panjaitan ditetapkan sebagai tersangka dengan tuduhan penganiayaan dan perbuatan tidak menyenangkan. Ketua Diakonia PGI, Jeirry Sumampouw mengatakan, Kepolisian Kota Bekasi, Jawa Barat tidak menangani kasus Palti dengan profesional. Menurutnya, Palti bukanlah pelaku kekerasan dalam penyerangan kelompok intoleran saat malam misa tahun lalu.

"Karena ini kan masih dilematis, langkah-langkah hukum yang tersedia, kita bisa ke Kompolnas, dan ke lembaga terkait. Untuk melaporkan kasus ini. Tapi ini perlu dihitung lagi, khususnya soal manfaatnya. Kalau memang ada diskriminasi, bisa jadi ini akan jadi sia-sia," ujarnya.

Sebelumnya Kepolisian Kota Bekasi menetapkan Palti Panjaitan sebagai tersangka atas tuduhan penganiayaan dan perbuatan tidak menyenangkan. Kepolisian menindaklanjuti laporan pemimpin kelompok intoleran, Abdul Azis. Dia mengaku dipukul. Menurut Palti, saat kejadian tersebut dirinya dikerubuti kelompok intoleran, dan dia berusaha untuk mempertahankan diri.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Upaya Muslimah Bercadar Kikis Stigma (Bag 1)

Kabar Baru Jam 8

Menyoal Jaminan Kebebasan Warga, Apapun Agamanya

Kabar Baru Jam 10