Pemerintah Bangun PLTS di Pulau-Pulau Kecil

Pemerintah berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di wilayah-wilayah yang belum terjangkau aliran listrik sepanjang 2013 ini. Pemerintah menggandeng pihak swasta untuk mengerjakan proyek itu.

NASIONAL

Selasa, 05 Mar 2013 20:09 WIB

Author

Sindu Darmawan

Pemerintah Bangun PLTS di Pulau-Pulau Kecil

plts, pulau kecil

KBR68H, Jakarta - Pemerintah berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di wilayah-wilayah yang belum terjangkau aliran listrik sepanjang 2013 ini. Pemerintah menggandeng pihak swasta untuk mengerjakan proyek itu.

Menteri Keuangan Agus Martowardjojo mengklaim, pembangunan PLTS itu sudah disepakati. Menteri Agus berharap, PLTS di wilayah terpencil akan menjadi solusi bagi daerah yang belum teraliri listrik. Meski begitu, Agus enggan menyebutkan berapa biaya yang disiapkan dalam rencana pembangunan tersebut.

“Jadi tadi secara prinsip sudah disetujui satu kebijakan untuk di pulau-pulau yang terpencil, yang sulit untuk membangun pembangkit listrik alternatif energi yang lain, kita sepakati untuk menggunakan PLTS dan dibantu dengan sistem fit in tarif, kemudian dilakukan secara kompetitif,” terang Agus usai rapat di kantor Menko Perekonomian.

Menteri Keuangan Agus Martowardjojo menambahkan, pembangunan PLTS itu berkapasitas tidak lebih dari 2 mega watt. Pemerintah berjanji akan membeli hasil listrik tersebut melalui PLN, serta akan mengenakan tarif murah -tidak lebih dari 25 sen. Pemerintah memilih membangun PLTS karena ongkos membangun pembangkit bertenaga gas atau BBM di pulau-pulau kecil ongkosnya mahal.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17