NASIONAL

Peleburan Pelindo I-IV Belum Diputuskan

Peleburan Pelindo I-IV Belum Diputuskan

KBR68H, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih mempertimbangkan untung-rugi peleburan PT Pelayaran Indonesia (Pelindo) I, II, III, dan IV. Sebelumnya peleburan ini atas permintaan keempat PT Pelindo sebagai perusahaan BUMN pelayaran. Deputi Infrastruktur dan Logistik Kementerian BUMN, Imam Aprianton mengatakan peleburan itu akan mempermudah proses pembangunan infrastruktur pelabuhan. Selain itu ongkos pengiriman logistik lewat laut dari dan ke luar negeri akan lebih murah.

"Tujuannya kan menurunkan ongkos logistik. Bagaimana membuat pelabuhan itu evisien. Sudah sampaimana? Ada di masterplant tapi masih di smoothing yah nanti kita bicarakan dengan kawan-kawan," kata Imam kepada KBR68H di Gedung DPR Jakarta, Kamis (7/3).

Deputi Infrastruktur dan Logistik Kementerian BUMN, Imam Aprianton menambahkan peleburan itu menyederhanakan proses pengembangan perusahaan. Selama ini antara PT Pelindo I, II, III, dan IV mempunyai tingkat keuntungan yang berbeda. Yang cenderung merugi adalah PT Pelindo IV yang mengurusi pelabuhan Indonesia Timur. Investasi di sana tidak berkembang. Nantinya, BUMN sektor pelabuhan akan dijadikan dua perusahaan kepelabuhan untuk melayani wilayah barat dan timur.

  • pelindo
  • peleburan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!