MK Kabulkan Permohonan Slank Tarik Gugatan Uji Materi UU Izin Keramaian

KBR68H, Jakarta - Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan penarikan gugatan uji materi undang-undang tentang izin keramaian. Sebelumnya, undang-undang tersebut digugat Grup musik Slank ke MK.

NASIONAL

Kamis, 14 Mar 2013 07:50 WIB

Author

Pipit Permatasari

MK Kabulkan Permohonan Slank Tarik Gugatan Uji Materi UU Izin Keramaian

slank, izin keramaian

KBR68H, Jakarta - Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan penarikan gugatan uji materi undang-undang tentang izin keramaian. Sebelumnya, undang-undang tersebut digugat Grup musik Slank ke MK. Ketua MK Mahfud MD mengatakan penarikan gugatan itu bisa dilakukan selama masih dalam tahap pemeriksaan. Namun Mahfud menegaskan, para pemohon tidak bisa mengajukaan permohonan pengujian pasal 15 tentang izin keramaian kembali.

"UUD 48 tahun 2009 tentang kekuatan kehakiman dan seterusnya. Menetapkan menyatakan satu mengabulkan penarikan kembali permohonan para pemohon. Dua permohonan dengan register dengan no 23-PU 11 /2013 ditarik kembali. Tiga para pemohon tidak dapat mengajukan kembali permohonan pengujian pasal Pasal 15 UU Ayat 2 huru A. Undang-undang nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia."kata Mahfud MD, kemarin di Gedung MK.

Sebelumnya, Slank mengajukan permohonan uji materi pasal tersebut karena merasa hak konstitusionalnya telah dilanggar. Bentuk pelanggaran itu dilakukan oleh polisi dengan tidak menerbitkan surat izin keramaian yang menghambat agenda konser Slank di beberapa kota. Belakangan, Slank menyatakan menarik permohonan tersebut lantaran sudah bermediasi dengan pihak kepolisian. Hasil mediasi tersebut menghasilkan surat izin keramaian di delapan kota yang kini telah dimiliki Slank.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Upaya Kurangi Risiko Bencana Iklim

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Perkara Bukber Tahun ini