Mentan dan Mendag Sepakat Permudah Ijin Impor Bawang

KBR68H, Jakarta - Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian sepakat mempermudah ijin impor bawang putih.

NASIONAL

Kamis, 14 Mar 2013 20:02 WIB

Author

Pebriansyah Ariefana

Mentan dan Mendag Sepakat Permudah Ijin Impor Bawang

bawang putih, impor

KBR68H, Jakarta - Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian sepakat mempermudah ijin impor bawang putih. Ini menyusul kenaikan harga bawang putih hingga tiga kali lipat karena kelangkaan persediaan.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menjelaskan nantinya ijin impor bawang putih hanya di satu lembaga. Itu untuk mencegah terulangnya keterlambatan pengurusan ijin. Biasanya importir harus meminta ijin impor dari Kemendag dan Kementan.

"Saya rasa ke depannya untuk mengsatuatapkan proses peroolehan rekomendasi dan juga ijin impor. Kalau sekarang ini kan ada ijin impor dari Kementerian Perdagangan, tapi itu juga harus dipadu dengan perolehan rekomendasi teknis dari Kementerian Pertanian, nah itu dua hal itu digabung," kata Gita di Kantor Presiden Jakarta, Kamis (14/3).

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menambahkan langkah penyatuan proses ijin impor itu masih akan dibahas detail dengan Kementerian Pertanian. Sebab akan banyak regulasi yang diubah dalam tata niaga impor hortikultura.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Zero Waste, Ubah Salak Jadi Aneka Rupa

Zero Waste, Ubah Salak Jadi Aneka Rupa

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18