KPPU: Kartel Bawang Putih Kejahatan Ekonomi

KBR68H, Jakarta - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) menegaskan kartel bawang putih merupakan kejahatan ekonomi.

NASIONAL

Selasa, 19 Mar 2013 07:18 WIB

Author

Novaeny Wulandari

KPPU: Kartel Bawang Putih Kejahatan Ekonomi

kartel, bawang putih

KBR68H, Jakarta - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) menegaskan kartel bawang putih merupakan kejahatan ekonomi. Komisisoner KPPU Munrokhim Misanam menyatakan ada pihak-pihak yang berkoordinasi di dalam kartel tersebut. Kata dia, seharusnya aparat penegak hukum dapat menindak mereka atas penimbunan bawang putih selama ini.

"Saya mengatakan ini kejahatan ekonomi, saya mengatakan ini kejahatan ekonomi ini sedikit diluar country nya KPPU ya. Bahasa kita agar bisa touch nge-catch hanya dengan bahasa kartel. Ini ada kartel, ini adal pelanggaran pasokan, karena sesuai dengan pasal 5. Tapi sebenarnya kalau ditanya secara pribadi saya akan mengatakan ini adalah kejahatan ekonomi." kata Munrokhim Misanam kemarin.

KPPU sendiri akan memeriksa 11 importir bawang putih pada Jumat mendatang. sebelumnya pihak Bea Cukai Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya telah menahan sebanyak 394 kontainer berisikan bawang putih yang berasal dari Cina dan Thailand.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Eps.2: Kuliah di UK, Cerita dari Rizki Putri Part 2

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17