NASIONAL

Dianggap Tak Ramah Lingkungan, Produk Indonesia Ditolak LN

"Dewan Perwakilan Rakyat meminta pemerintah membentuk tim lintas kementerian untuk mengatasi penolakan komoditas unggulan Indonesia oleh sejumlah negara."

Guruh Dwi Riyanto

Dianggap Tak Ramah Lingkungan, Produk Indonesia Ditolak LN
produk indonesia, wto

KBR68H, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat meminta pemerintah membentuk tim lintas kementerian untuk mengatasi penolakan komoditas unggulan Indonesia oleh sejumlah negara. Anggota Komisi Luar Negeri Tantowi Yahya mengatakan sejumlah negara menggunakan alasan lingkungan untuk menolak produk-produk Indonesia. Maka itu, Indonesia perlu menyiapkan tim khusus untuk meluruskan tudingan itu.

"Bukan suatu hal yang aneh dan baru. Beberapa produk Indonesia dilarang di luar negeri. Misalnya minyak goreng dilarang di negara Eropa dengan dalih merusak lingkungan. Juga produk-produk pertanian dan perikanan seperti udang juga dilarang karena dianggap ada racun dan sebagainya," demikian kata Tantowi di kompleks parlemen.

Anggota Komisi Luar Negeri Tantowi Yahya menambahkan, tim kerja itu mesti menggabungkan setidaknya kementerian perdagangan, luar negeri dan lingkungan hidup. Menurutnya, kecenderungan pelarangan ini akan meningkat jika tidak segera dicegah.

  • produk indonesia
  • wto

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!