Bappenas Luncurkan Program Peningkatan Kesetaraan Gender

KBR68H, Jakarta- Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) hari ini meluncurkan program Strategi Nasional (Stranas) Percepatan Pengarusutamaan Gender (PUG), melalui perencanaan dan penganggaran yang responsif gender (PPRG).

NASIONAL

Selasa, 05 Mar 2013 15:22 WIB

Author

Eli Kamilah

Bappenas Luncurkan Program Peningkatan Kesetaraan Gender

bappenas, kesetaraan gender

KBR68H, Jakarta- Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) hari ini meluncurkan program  Strategi Nasional (Stranas) Percepatan Pengarusutamaan Gender (PUG), melalui perencanaan dan penganggaran yang responsif gender (PPRG).

Tujuan program itu untuk membuka akses pembangunan bagi perempuan ke berbagai aspek, salah satunya meretas kemiskinan dan pendidikan. Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana mengatakan, untuk meningkatkan kesetaraan gender dalam pembangunan
nasional, program ini menjadi payung hukum baik di pusat maupun daerah.

“Penduduk Indonesia berapa, 240 juta, itu setengah laki setengah perempuan, maka bagaimana dari sisi kualitas, peran kita tingkatan terus. Jadi yang kita buka itu aksesnya, kesempatannya, opportunity. Nah kenapa pemerintah, karena yang bisa desain kebijakan program dan pemerataan, ya pemerintah,” kata Armida dalam acara peluncuran program Stranas PPRG di Bappenas hari ini.

Sebelumnya, Pengarusutamaan gender nasional, diawali dengan adanya Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) dan pembangunan nasional. Namun dalam uji coba PPRG 2009-2010, ditemukan beberapa permasalahan terkait pengarusutamaan gender. Salah satunya kapasitas perencana/penyusun analisis gender dan Gender Budget Statement (GBS).


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Arab Saudi Akan Gratiskan Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Polemik TNI 'cawe-cawe' Copoti Baliho Rizieq Shihab

Kabar Baru Jam 8

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Bagi Penolak Tes Covid-19 di Petamburan