NASIONAL

Angka Harapan Tahun Belajar Indonesia Rendah

Angka Harapan Tahun Belajar Indonesia Rendah

KBR68H, Jakarta - Peringkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia masih rendah lantaran angka harapan tahun belajarnya mandek. Analis Lembaga PBB untuk Pembangunan (UNDP) Indonesia, Tomy Soetjipto mengatakan, harapan tahun belajar Indonesia bercokol di level 12,9 dalam 3 tahun terakhir. Artinya, penduduk Indonesia memiliki harapan sekolah selama 12,9 tahun atau hanya mencapai sekolah menengah pertama.

"Satu yang harus saya tekankan ya, kalau kita mau lihat harapan pendidikan di sebuah negara yang kita lihat adalah harapan belajar yaitu yang di Indonesia 12,9. Sementara means years of schooling itu yang mana Indonesia adalah 5,8 tahun itu lebih merupakan rata-rata penduduk diatas 25 tahun," kata Tomy.

Tomy menambahkan, meski harapan tahun belajar masih mandek, Indonesia telah menunjukkan kemajuan dalam beberapa indikator IPM. Di antaranya, Indonesia disebut telah berpindah fokus dari pertanian dan pembangunan pedesaan menjadi ekonomi yang lebih terbuka dengan berfokus pada perdagangan. Sebelumnya UNDP merilis IPM 187 negara. Indonesia masuk kategori rendah karena berada di peringkat peringkat 121 atau masih di bawah Malaysia. Peringkat Indonesia naik tipis dari sebelumnya ada di posisi 124.

  • belajar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!