Amerika Akan Segera Cabut Larangan terhadap Produks Minyak Sawit Indonesia

KBR68H, Jakarta - Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) optimistis Amerika bakal mencabut pelarangan terhadap produk minyak sawit asal Indonesia.

NASIONAL

Rabu, 13 Mar 2013 07:49 WIB

Author

Rony Rahmata

Amerika Akan Segera Cabut Larangan terhadap Produks Minyak Sawit Indonesia

amerika, minyak sawit

KBR68H, Jakarta - Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) optimistis Amerika bakal mencabut pelarangan terhadap produk minyak sawit asal Indonesia. Ketua Umum DMSI Derom Bangun yakin peninjauan langsung Kementerian Lingkungan Hidup Amerika dijadikan dasar bagi mereka untuk mengubah kebijakannya. Apalagi wakil dari Amerika telah melihat kalau pabrik pengolahan minyak sawit Indonesia sudah lengkap dengan alat penyaring emisi.

"Rombongan dari Amerika itu tiba di Indonesia, saya berikan penjelasan kepada perusahaan yang ditinjau di Riau itu yang mereka lihat sendiri peralatannya. Saya jelaskan saat kunjungan itu, sudah ada 3 pabrik yang menggunakan penyaring gas metana itu. Perusahaan yang kami tinjau itu memiliki 8 pabrik, rencana 2013 ini semuanya perusahaannya bakal memiliki peralatan itu,"ujuar Derom Bangun saat dihubungi KBR68H.

Pada 28 Januari lalu Amerika Serikat menolak crude palm oil (CPO) atau produk minyak sawit mentah dan turunannya dari Indonesia karena dianggap tak ramah lingkungan. Produksi CPO Indonesia dianggap merusak lingkungan. Penolakan ini ditanggapi serius pemerintah Indonesia, Kementerian Pertanian bahkan mengancam akan menyeret Amerika Serikat (AS) ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) terkait kasus ini.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Mahkamah Konstitusi Gelar Sidang Perdana, Perselisihan Hasil Pemilu

10 Tahun UU Narkotika: Seperti Apa Implementasinya?

Sidang Perdana Sengketa Pemilu

Cek Fakta: Misleading Content KPU Panik

What's Up Indonesia