300 Kontainer Bawang Putih yang Tertahan di Tanjung Perak Dilepas ke Pasar

KBR68H, Jakarta - Pemerintah berencana melepaskan lebih dari 300 kontainer atau setara 10 ribu ton bawang putih yang tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

NASIONAL

Senin, 18 Mar 2013 07:45 WIB

Author

M Irham

300 Kontainer Bawang Putih yang Tertahan di Tanjung Perak Dilepas ke Pasar

bawang putih, kontainer

KBR68H, Jakarta - Pemerintah berencana melepaskan lebih dari 300 kontainer atau setara 10 ribu ton bawang putih yang tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi mengatakan, langkah tersebut dilakukan untuk menekan tingginya harga bawang putih di pasaran. Kata dia, untuk pembahasan prosedur pelepasan bawang putih impor tersebut akan dilakukan hari ini.

"Kemungkinan jumlahnya akan bertambah, itu kan terus dilakukan perhitungan-perhitungan. Ya, kira kira jam 10 atau jam 11(hari ini-red), kementerian akan melakukan pertemuan. Jumlahnya, nanti akan dikeluarkan tuh, metodenya, kesepakatannya, dan lain lain." Tutur Bachrul Chairi saat dihubungi KBR68H.

Saat ini lebih dari 530 kontainer berisi bawang putih tertahan di Tanjung Perak, Surabaya. Tertahannya bawang putih impor tersebut menyusul Peraturan Kementerian Pertanian tentang rekomendasi impor produk hortikultura. Peraturan tersebut melarang impor bawang yang terdiri dari bawang bombay, bawang merah dan bawang putih. Penghentian impor bawang membuat pasar kekurangan produk tersebut.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Eps.2: Kuliah di UK, Cerita dari Rizki Putri Part 2

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17