NASIONAL

TPNPB Rilis Keberadaan Pilot Asal Selandia Baru

"Video dan foto itu dirilis juru bicara TPNPB, Sebby Sambom, Selasa malam, 14 Februari 2023."

Arjuna Pademme

TPNPB Rilis Keberadaan Pilot Asal Selandia Baru
Pilot asal Selandia Baru, Philips Mark Mehrtens saat bersama TPNPB wilayah Nduga, Papua Pegunungan: Foto: Jubir TPNPB

KBR, Jayapura- Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat (TPNPB) Kodap III Derakma Ndugama atau wilayah Nduga, Papua Pegunungan, merilis video mengenai keberadaan pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philips Mark Mehrtens pilot. Video dan foto itu dirilis juru bicara TPNPB, Sebby Sambom, Selasa malam, 14 Februari 2023.

Foto tersebut memperlihatkan Philips Mark Mehrtens kini bersama pimpinan TPNPB wilayah Nduga, Egianus Kogeya dan pasukannya.

Egianus Kogeya mengatakan pihaknya menyandera pilot tersebut, sebagai jaminan negosiasi politik dengan Pemerintah Indonesia.

Menurutnya, TPNPB Kodam III Derakma Ndugama baru akan melepas pilot Philips Mark Mehrtens, apabila Papua sudah merdeka.

"Kami di Kodap III Madulagma, kami bawa pilot ini karena Indonesia tidak pernah mengakui Papua merdeka. (Pilot) hanya (kan kami) lepas dengan (kalau) Papua merdeka. Kalau tidak, pilot sama-sama mati di wilayah Kodap III Derakma bersama Panglima Kodap III Derakma, Egianus Kogeya dengan pasukan. Saya sandera dia untuk Papua merdeka. Saya akan bawa pilot sampai Papua harus merdeka. Pilot saya akan bawa dia dalam kondisi aman, bersama saya tetap akan aman," kata Egianus Kogeya.

Baca juga:

Panglima Kodap III Derakma Ndugama, Egianus Kogeya mengatakan TPNPB menyandera Philips Mark Mehrtens, agar dunia internasional memberi perhatian dan mengakui kemerdekaan Papua.

Katanya, sejak awal TPNPB wilayah Nduga sudah menyatakan membakar pesawat Susi Air yang mendarat di Distrik Paro, Kabupaten Nduga pada Selasa, 7 Februari 2023.

TPNPB wilayah Nduga juga mengumumkan telah menyandera pilot pesawat sebagai jaminan negosiasi politik. Akan tetapi aparat keamanan ketika itu justru menyatakan Philips Mark Mehrtens berhasil melarikan diri.

Editor: Sindu

  • Susi Air
  • Pilot Susi Air
  • TPNPB
  • Papua

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!