NASIONAL

Tewaskan Warga di Gayo, BKSDA: Lokasi Gajah Bermain

"Amukan gajah liar menyebabkan satu warga Aceh Tengah meninggal"

Gajah ngamuk di Aceh Tengah

KBR, Aceh Tengah-  Kepala balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto mengatakan, lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) amukan gajah liar berada di kawasan Hutan Lindung. Kondisi ini mengakibatkan gajah liar terusik dengan keberadaan masyarakat tani yang melakukan aktifitas merambah hutan dengan cara membuka lahan perkebunan dan gubuk di Dusun Wih Daling, Desa kekuyang, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah.

Menurut Agus Arianto, maraknya aktivitas berkebun di kawasan  lintasan itu menjadi penyebab utama gajah liar mengamuk dan menyerang masyarakat. Hal ini sesuai hasil penelusuran yang dilakukan BKSDA bersama aparat TNI/Polri dan perangkat desa setempat.

”Saya dapat informasi saat Saya ke rumah duka kan, Saya bertemu dengan adik korban (Miswan-red) dulu pernah melakukan penggarapan di situ. Dia, sampaikan memang gajah tempat mainnya di situ, istilahnya orang di situ tempat jemur-jemur, tidur-tidurnya gajah,” kata Agus Arianto menjawab KBR, Kamis (9/2).

Ia menambahkan, segala aktifitas di  hutan lindung tidak diperbolehkan sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Terkecuali, harus sesuai peruntukkan yang diatur pemangku kawasan atau KPH di Zona-zona atau blok tertentu dihutan.

Pemda juga diminta, untuk gencar melakukan kegiatan edukasi bagi masyarakat, agar tidak melakukan aktivitas di hutan. Disamping turut serta meningkatkan sistem pengawasan dalam mencegah aksi perambahan hutan.

”Gajah itu gak pernah ke Desa Kekuyang. Yang ada gajah-gajah itu bermain di area perlintasannya gajah itu sendiri, jadi amukan yang menimpa warga bergotong–royong di sana terjadi di lokasi perlintasannya gajah, ” terang Agus.

Baca juga:

Sebelumnya seorang petani kebun asal Dusun Daling, Desa Kekuyang, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Sufri (40), meninggal diamuk gajah liar sekira pukul 16.30 Wib, Minggu Sore (5/2). Gangguan satwa liar itu menyebabkan 3 orang lainnya juga mengalami luka berat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Beru, yaitu Miswan (56), Sis (32) dan Safar (35).

Para petani itu menjadi korban amukan gajah liar tunggal itu ketika sedang melakukan aktivitas bergotong-royong membangun gubuk di kebun kopi.

Peristiwa ini menyebabkan sedikitnya 30 Kepala Keluarga (KK) atau 80 jiwa penduduk di Dusun Wih Daling, Desa Kakuyang, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, mengungsi. Warga pedalaman Gayo itu terpaksa menempati tenda darurat lantaran kampung halamannya mencekam berkeliaran gajah liar.

Editor: Rony Sitanggang

  • gajah mengamuk
  • aceh
  • gajah
  • satwa dilindungi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!