NASIONAL

SAR Kopasgat Berhasil Evakuasi Korban Kecelakaan Helikopter di Jambi

""Semuanya bisa dievakuasi, 6 saat ini sudah dibawa ke rumah sakit Bhayangkara dan 2 saat ini masih dirawat di posko Merangin,""

Resky Novianto

Kecelakaan helikopter
SAR Kopasgat TNI AU mengevakuasi korban kecelakaan heli di Jambi, Selasa (21/02/23). (Kopasgat)

KBR, Jakarta- Kapolri Listyo Sigit Prabowo bersyukur seluruh korban kecelakaan helikopter bisa dievakuasi, termasuk salah satunya yakni Kapolda Jambi Rusdi Hartono. Helikopter milik Polda Jambi mengalami pendaratan darurat di Hutan Kerinci, Jambi, Minggu lalu.

"Jadi total 8 orang yang mengalami kecelakaan pendaratan darurat kemarin. Hari ini semuanya bisa dievakuasi, 6 saat ini sudah dibawa ke rumah sakit Bhayangkara dan 2 saat ini masih dirawat di posko Merangin," ujar Listyo di Jambi, Selasa (21/2/2023).

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan telah bertemu dengan Rusdi dalam kondisi sadar dan stabil.

Listyo mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama melakukan proses evakuasi dalam beberapa hari terakhir.

Ia pun menegaskan, bahwa helikopter yang digunakan rombongan Kapolda Jambi, layak digunakan dan selalu dirawat. Pendaratan darurat dilakukan karena cuaca di sekitar lokasi berkabut tebal. 

Berita lainnya:

Dikutip dari medsos Kopasgat TNI AU, Tim SAR (Search And Rescue) Batalyon Komando 462 Kopasgat yang dipimpin Komandan Batalyon Komando 462 Kopasgat Letkol Pas Muhammad Junaidi berhasil mengevakuasi Kapolda Jambi Rusdi Hartono, salah satu korban kecelakaan Helikopter Bell 412/P-3001 di Bukit Tamiai, Batang Merangin, Kerinci, Provinsi Jambi. Selasa (21/02). Sekitar pukul 16.40 WIB, Tim SAR Batalyon Komando 462 Kopasgat dengan menggunakan Helikopter Super Puma H 3211  mengevakuasi korban   dengan menggunakan teknik Hoisting.

Proses evakuasi tersebut berlangsung dramatis, karena kondisi Kapolda Jambi, mengalami cedera sehingga posisinya harus agak miring. Akibatnya tandu darurat  tidak bisa seimbang mengakibatkan saat ditarik  ke heli berputar.  

Sebelumnya helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi mendarat darurat di perbukitan Tamiai, Muara Empat, Kabupaten Kerinci, Jambi, pada Minggu (19/2/2023). Keberangkatan  Kapolda Jambi beserta rombongan tersebut, untuk menuju Polres Kerinci, Jambi dalam rangka  peresmian gedung baru. 

Karena faktor cuaca helikopeter  jenis 412 SP Reg 3001 dilaporkan   mendarat darurat.  

Editor: Rony Sitanggang

  • Kapolda Jambi
  • kecelakaan helikopter

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!