NASIONAL

Menpora Zainudin Amali: Sudah Dapat Izin Presiden untuk Fokus Urusi Sepak Bola

"Zainudin Amali mengatakan, bakal fokus mengurus sepak bola dan PSSI. Politikus Golkar itu mengaku sudah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo."

Wahyu Setiawan

Menpora Zainudin Amali: Sudah Dapat Izin Presiden untuk Fokus Urusi Sepak Bola
Menpora Zainudin Amali (tengah) saat konferensi pers di Kompleks Kepresidenan Jakarta, Senin (20/2/2023). (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

KBR, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali tidak menjawab secara tegas soal desakan agar ia mundur dari kabinet usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. 

Dia hanya mengatakan, bakal fokus mengurus sepak bola dan PSSI.

Politikus Golkar itu mengaku sudah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo, usai bertemu di Istana Negara hari ini.

"Saya secara pribadi sudah melapor kepada Bapak Presiden dan tentu beliau juga sudah mengetahui tentang saya terpilih sebagai salah satu wakil ketua umum PSSI. Dan beliau menyerahkan kepada saya. Karena saya menyampaikan kepada teman-teman, saya harus memilih. Dan saya sampaikan kepada Bapak Presiden, 'Bapak, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola'. Dan itu dipahami oleh beliau. Dan beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola," kata Zainudin, Senin (20/2/2023).

Zainudin enggan menjelaskan secara gamblang apakah bakal mundur saat disinggung awak media. Dia kembali menegaskan, bakal fokus mendampingi Ketua Umum Erick Thohir dan Sekjen Ratu Tisha mengurus PSSI.

"Ya pokoknya saya sudah dapat izin dari Bapak Presiden untuk konsentrasi dan fokus ngurus sepak bola," ujarnya.

"Kan saya sudah sampaikan saya akan konsentrasi dan fokus di sepak bola. Kemudian Presiden mengizinkan, silakan. Masak yang begitu harus diterjemahin panjang-panjang lagi," imbuhnya.

Baca juga:

Sebelumnya, sejumlah pihak mengkritisi posisi Zainudin Amali yang merangkap Waketum PSSI sekaligus Menpora. Salah satunya kritik disampaikan Anggota Komisi Olahraga DPR Mustafa Kamal. 

Kritik disampaikan sebelum Amali terpilih menjadi Waketum PSSI.

"Nah kalau kemudian jadi wakil ketua PSSI, rasanya kok agak kurang pas gitu loh. Apalagi di bawah Menteri BUMN, ini jadi kurang ada kepatutan ini. Mohon maaf saya sampaikan," ujar Mustafa saat rapat kerja, Selasa (31/1/2023).

Editor: Agus Luqman

  • menpora
  • Zainudin Amali
  • PSSI
  • Sepak Bola
  • Presiden Jokowi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!