NASIONAL

Kemenhub Gelar Mudik Lebaran Gratis 2023 untuk Pengguna Motor

"Jadi meskipun mudik gratis, tetapi setidaknya masyarakat bisa harus mengeluarkan harga yang sangat-sangat terjangkau."

Shafira Aurel

Kemenhub Gelar Mudik Lebaran Gratis 2023 untuk Pengguna Motor
Ilustrasi persiapan angkutan motor gratis mudik lebaran. (Foto: www.bumn.go.id)

KBR, Jakarta - Kementerian Perhubungan menggelar program mudik gratis pada musim Lebaran tahun ini untuk pengguna sepeda motor. Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, mudik gratis disiapkan untuk 46.720 orang dan 10.440 motor.

"Tahun ini itu mulai pendaftarannya 1 Maret, dan akan diberangkatkan kira-kira 7 hari sebelum Lebaran. Apakah mudik gratis ini? Ini motor beserta orangnya akan diangkut oleh kereta api dengan tarif yang sangat murah untuk jarak tertentu hanya Rp10 ribu, dan jarak yang lebih jauh itu Rp20 ribu," jelas Adita kepada wartawan, Selasa (21/2/2023).

"Jadi meskipun mudik gratis, tetapi setidaknya masyarakat bisa harus mengeluarkan harga yang sangat-sangat terjangkau. Di mana di situ nanti bisa ada satu motor yang diangkut dan setidaknya ada dua anggota keluarga yang bisa berangkat," tambahnya.

Adita berharap kuota mudik gratis motor tahun ini dapat terisi penuh. Pasalnya, tahun lalu kuota pemudik tidak terisi 100 persen.

Baca juga:

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Djarot Tri Wardhono mengatakan, program ini dapat mengurangi kemacetan dan risiko kecelakaan saat periode mudik.

Editor: Wahyu S.

  • mudik
  • lebaran
  • idulfitri

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!