NASIONAL

FOMO Sapiens : Perkara Youtuber Jerome Polin, Anak Muda dan Pemilu 2024

"Youtuber Jerome Polin dikritik. Kontennya tidak sesuai budaya setempat"

FOMO Sapiens : Perkara Youtuber Jerome Polin, Anak Muda dan Pemilu 2024
Ilustrasi #FOMOSapiens101 (KBR)

KBR, Jakarta – Youtuber Jerome Polin kembali dikritik atas sikapnya selama berkonten di Jepang. Jerome hanya satu dari sekian banyak pembikin konten yang dianggap bersikap tidak sesuai budaya setempat. Bagaimanakah yang seharusnya?

Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan bahwa mayoritas pemilih pada Pemilu 2024 adalah anak muda usia maksimal 40 tahun. Seperti apa sih optimisme anak muda terhadap pemilu tahun depan? Lebih lanjut dibahas bareng Sapieners pemenang giveaway #FOMOSapiens100, Fidelia Indhira.

1. Perkara Youtuber Jerome Polin

Nama Jerome Polin sempat trending di Twitter pada Minggu (19/02). Setidaknya ada lebih dari 41 ribu cuitan yang menyertakan kata 'Jerome'. Hal ini bermula ketika YouTuber tersebut membagikan cuitan berisi gambar hewan capybara. Unggahan tersebut bersamaan dengan tren meme capybara yang dipanggil 'Masbro'. Kicauan Jerome itu mengundang banyak komentar dari warganet. Termasuk menyerang konten Jerome yang dianggap tidak tepat ditengah kultur masyarakat Jepang dimana ia kerap membuat konten. Bagaimana selengkapnya?

2. Anak Muda dan Pemilu 2024

Dalam data kependudukan per semester 1 tahun 2022 yang sudah diverifikasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), total terdapat 204 juta penduduk potensial pemilih pada Pemilu 2024 mendatang. Penduduk yang masuk dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) adalah WNI yang akan berusia 17 tahun atau lebih pada hari H Pemilu 2024 dan bukan anggota TNI/Polri. KPU mengakui bahwa tingginya jumlah pemilih muda menjadi tantangan tersendiri sebab tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 telah mencapai 81 persen.

Baca juga: Panglima TNI Minta Jajaran Jaga Netralitas di Pemilu 2024


Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Ian Hugen dan Aika. Akan ada juga obrolan soal fitur verifikasi berbayar di media sosial.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

  • #podcast
  • #FOMOSapiens
  • #JeromePolin
  • #YouTube
  • #medsos
  • #pemilu2024
  • #Pemilu
  • #golput
  • #Meta
  • #centangbiru

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!