NASIONAL

Distribusi Beras Bulog Belum Merata, Inkoppas: Harga Masih Tinggi

"“Bukan hanya di Jabodetabek, baik di Jawa Tengah, baik di Jawa Timur di mana Jawa Timur itu sebenarnya gudang beras kan. Ternyata harganya juga cukup tinggi""

Ardhi Ridwansyah

Distribusi Beras Bulog Belum Merata, Inkoppas: Harga Masih Tinggi
ilustrasi pedagang beras di pasar.

KBR, Jakarta – Induk Koperasi pedagang Pasar (Inkoppas) menyampaikan harga beras medium di sejumlah daerah masih mahal.

Saat ini harga beras di kisaran Rp10.000 hingga Rp11.000 per kilogram. Sementara harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp9.450 per kilogram.

Menurut Sekretaris Jenderal Inkoppas, Ngadiran, belum meratanya distribusi pasokan beras Bulog menjadi salah satu faktor harga beras masih mahal.

Ngadiran menyebut, mahalnya harga beras ini merata di hampir seluruh wilayah, termasuk lumbung-lumbung beras Indonesia.

“Bukan hanya di Jabodetabek, baik di Jawa Tengah, baik di Jawa Timur di mana Jawa Timur itu sebenarnya gudang beras kan. Ternyata harganya juga cukup tinggi. Saya posisi hari ini di Jawa Timur, tadi saya menghubungi dan menemui beberapa pedagang mengeluhkan karena harga itu masih cukup tinggi belum sesuai apa yang dikehendaki oleh pemerintah dalam hal ini yang ditugaskan Bulog,” kata Ngadiran saat dihubungi KBR, Selasa (14/02/2023).

Berita terkait:

Ngadiran melanjutkan, hasil kunjungan Inkoppas ke pedagang beras Jawa Timur ditemukan harga beras masih di atas harga eceran tertinggi, yaitu Rp10.000 hingga Rp11.000 per kilogram untuk beras medium.

Inkoppas berharap pemerintah mempercayakan lembaganya mendistribusikan beras Bulog ke pasar-pasar tradisional, guna menekan harga agar stabil dan sesuai harga eceran tertinggi.

“Oleh karena itu dalam waktu dekat kami, mudah-mudahan dapat diberikan kepercayaan ditingkatkan alokasinya untuk dapat kami teruskan, kami salurkan ke para pedagang beras, khususnya pasar-pasar tradisional dan sekitarnya,” tambah Ngadiran.

Sementara berdasar data hargapangan.id, per 14 Februari 2023, harga beras kualitas medium I mencapai Rp12.100 per kilogram.

Sedangkan beras kualitas medium II sebesar Rp11.850 per kilogram, atau masih di atas harga eceran tertinggi yang ditetapkan Kementerian Perdagangan Rp9.450 per kilogram.

Sebelumya, pemerintah melalui PT Bulog mengimpor beras hingga ratusan ribu ton untuk menstabilkan harga beras di pasaran.

Editor: Kurniati Syahdan

  • beras
  • harga beras
  • inkoppas
  • beras medium
  • beras bulog
  • impor beras

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!