NASIONAL

Bertemu Jokowi, Menlu Cina Bahas Kereta Cepat

""Kerjasama strategis yang perlu ditingkatkan antara lain penyelesaian proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung""

Astri Septiani

Presiden Jokowi menerima kunjungan Menlu Cina Qin Gang
Presiden Jokowi menerima kunjungan Menlu Cina Qin Gang di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/02/23).(Setpres)

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Qin Gang, di Istana Merdeka Jakarta. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa terdapat beberapa hal yang dibahas, salah satunya adalah mengenai pentingnya peningkatan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan antara Indonesia dan Cina.

"Beberapa kerjasama strategis yang perlu ditingkatkan antara lain penyelesaian proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung, kemudian pembangunan Green inddustrial Park di Kalimantan, pembangunan ibukota baru dan juga industri hilirisasi. Menlu RRT menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan hubungan atau kerja sama ekonomi dengan Indonesia termasuk untuk memperbesar impor dari Indonesia terutama untuk produk-produk pertanian," kata Menlu Retno di Kompleks Istana Merdeka, Rabu (22/02/23).

Retno menyebut bahwa RRT merupakan mitra dagang terbesar Indonesia, dan menjadi investor asing terbesar ke dua di Indonesia pada tahun lalu.

Baca juga:

- Menlu: Keketuaan RI di ASEAN, Prioritas Diplomasi 2023

- Bertemu Presiden Korsel, Jokowi: Perkokoh Kerja Sama Ekonomi

Kata Retno, Presiden Jokowi juga menyampaikan pentingnya Indonesia dan Cina menjadi motor perdamaian dan stabilitas di kawasan. Menurut Presiden, pembangunan ekonomi tidak akan dapat dilakukan tanpa adanya perdamaian dan stabilitas di kawasan. 

Kata dia, dalam pertemuan tadi, Menlu Cina juga menyampaikan dukungan bagi keketuaan Indonesia di ASEAN.

Editor: Rony SItanggang

  • Presiden Jokowi
  • diplomasi 2023
  • kemenlu
  • menlu
  • stabilitas kawasan
  • Menlu Cina QIn Gang
  • Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!