Bagikan:

Siaga dan Waspada Bencana, Jokowi: Kita Perlu Tim SAR yang Cepat Tanggap Militan!

Jokowi ingin agar Basarnas banyak berinovasi, agar dapat menyelamatkan lebih banyak orang dalam kondisi darurat bencana. "Setiap detik sangat berarti bagi keselamatan jiwa."

NASIONAL

Senin, 21 Feb 2022 13:43 WIB

Author

Kurniati

Siaga dan Waspada Bencana, Jokowi: Kita Perlu Tim SAR yang Cepat Tanggap Militan!

Presiden Jokowi saat membuka secara virtual Rakernas Basarnas di Jakarta, Senin (21/2/22). (Foto: Youtube Setpres)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia memiliki risiko tinggi bencana dan kedaruratan yang membahayakan keselamatan manusia. Oleh karena itu, ia mengingatkan pentingnya kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

"Kita perlu tim SAR (search and rescue) yang cepat tanggap, yang militan dan mampu memberikan pertolongan yang cepat dan tepat terhadap kondisi yang memerlukan penanganan khusus bencana tanggap darurat dan membahayakan manusia," katanya saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) secara virtual di Jakarta, Senin (21/2/2022).

Kepala Negara juga meminta Basarnas segera hadir dan cepat memberikan pertolongan saat terjadi kondisi kedaruratan.

"Di mana dan di situasi apapun, setiap jiwa harus diselamatkan dari risiko bencana dan kedaruratan lainya," kata Presiden Jokowi.

Baca: Jokowi Ajak Negara G20 Kolaborasi Atasi Inflasi hingga Kelaparan

Ia juga meminta Basarnas memperbanyak inovasi dan memanfaatkan teknologi. Bekas Wali Kota Solo itu ingin agar inovasi dari Basarnas dapat menyelamatkan lebih banyak orang dalam kondisi darurat.

"Setiap detik sangat berarti bagi keselamatan jiwa. Oleh karena itu saya perlu tegaskan beberapa hal. Pertama, perbanyak inovasi dengan memanfaatkan teknologi. Ini wajib," jelas dia.

Menurutnya, teknologi SAR berkembang cepat dan semakin canggih. Termasuk yang dapat memproyeksi dan menganalisa secara cepat dan akurat, untuk penanganan yang lebih cepat dan efektif menyelamatkan banyak nyawa.

"Basarnas juga tidak boleh ketinggalan dalam hal teknologi. Harus cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi Pencarian dan pertolongan, SAR terkini," imbuh Joko Widodo.

Berita lainnya:

    Editor: Agus Luqman

    Kirim pesan ke kami

    Whatsapp
    Komentar

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

    Kabar Baru Jam 11

    Kabar Baru Jam 10

    Kabar Baru Jam 8

    Kabar Baru Jam 7

    Ikhtiar Sorgum untuk Substitusi Gandum

    Most Popular / Trending