NASIONAL

Jokowi: IKN Wujud Komitmen Indonesia dalam Menanggulangi Perubahan Iklim

Jokowi: IKN Wujud Komitmen Indonesia dalam Menanggulangi Perubahan Iklim

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan wujud komitmen Indonesia dalam menanggulangi perubahan iklim.

"IKN juga merespon komitmen Indonesia dalam penanggulangan perubahan iklim yang terlihat dalam pencapaian dan pengelolaan berbagai indikator menuju net zero carbon dan 100 persen energi baru dan terbarukan di tahun 2060," kata Jokowi dalam acara Beranda Nusantara 'Menuju Ibu Kota Negara Baru', Rabu (23/02/2022).

Jokowi mengatakan, perjalanan satu titik ke titik lain di IKN diperkirakan dapat ditempuh dalam waktu 10 menit, menggunakan 80 persen transportasi publik, serta 70 persen terdiri dari area hijau.

Baca juga:

Jokowi juga mengklaim IKN Nusantara akan menjadi kota yang inklusif, kota yang terbuka, dan kota untuk semua. Menurutnya, kota tersebut akan sangat ramah bagi semua lapisan masyarakat untuk hidup berdampingan, hidup rukun, hidup bersama-sama, dan memiliki peluang yang sama untuk ikut membangun dan mengembangkan IKN Nusantara.

Transformasi Lingkungan

Jokowi menambahkan, sejumlah transformasi masyarakat dapat dimulai melalui pengembangan kota. Mulai dari transformasi menuju kota yang ramah lingkungan, transformasi dalam bermukim, transformasi dalam mobilitas, hingga transformasi dalam bekerja.

Rencana pembangunan IKN Nusantara tahap pertama akan dimulai di kawasan inti pusat pemerintahan.

"Dan diawali dengan upaya merevitalisasi dan mereboisasi hutan terlebih dahulu. Diikuti dengan pembangunan infrastruktur dasar, wilayah hijau dan biru kota, kompleks pemerintahan, perkantoran, dan perumahan beserta sarana dan prasaranannya," ujarnya.

Dia menyebut, pembangunan IKN merupakan pekerjaan besar yang membutuhkan kontribusi, peranan, dan kerja sama dari seluruh masyarakat.

"Dibutuhkan pendekatan not business as usual, kinerja tim terbaik, perencana dan perancang kota, arsitek, insinyur, ahli lingkungan, sosial ekonomi, budayawan, seniman, dan pakar-pakar lainnya yang bisa bekerja secara terintegrasi, multidisipliner dan melibatkan pemikiran dan solusi terbaik, baik oleh anak-anak bangsa maupun sumbangan dari masyarakat dunia. IKN Nusantara ini merupakan pekerjaan besar bangsa Indonesia yang nantinya akan menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi.

Kepala Negara mengklaim, pemindahan IKN ke Kalimantan Timur bukan sekadar memindahkan aparatur sipil negara (ASN) dan gedung-gedung pemerintahan saja. Melainkan sebuah lompatan bangsa Indonesia untuk melakukan transformasi bangsa menuju Indonesia maju.

Baca juga:

Kata dia, IKN akan menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia, mencerminkan identitas nasional, serta menjamin keberlanjutan sosial ekonomi dan lingkungan. IKN juga disebut akan menjadi kota hutan, smart city, modern dan berkelanjutan, serta memiliki standar internasional.

"Saya yakin IKN Nusantara akan menjadi representasi bangsa yang unggul, sehingga menjadi contoh bagi perkembangan kota-kota lain di Indonesia. Dan menunjukkan kepada warga dunia bagaimana Indonesia menjalankan rencana baru dalam membangun cita-cita masa depan," kata Jokowi.

Pemindahan IKN ditargetkan rampung bertahap pada 2024 mendatang.

Editor: Wahyu S.

  • ibu kota negara baru
  • IKN Nusantara
  • Presiden Jokowi
  • perubahan iklim

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!