Bagikan:

Hari Pers Nasional 2022: Jokowi Ingin Media Awasi Kinerja Pemerintahan

"Mengingatkan jika ada yang kurang, yang perlu diperbaiki, mendorong yang masih lamban dan juga mengapresiasi yang sudah berjalan baik"

NASIONAL

Rabu, 09 Feb 2022 14:58 WIB

Hari Pers Nasional 2022: Jokowi Ingin Media Awasi Kinerja Pemerintahan

Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato di puncak peringatan Hari Pers Nasional 2022 secara virtual, Rabu (9/2/22). (Foto: Youtube Setpres)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo ingin Pers berperan mengawasi kinerja pemerintah dari tingkatan paling bawah hingga teratas.

"Kritik, masukan dan dukungan dari insan pers sangat penting. Mengingatkan jika ada yang kurang, yang perlu diperbaiki, mendorong yang masih lamban dan juga mengapresiasi yang sudah berjalan baik, agar seluruh jajaran pemerintah dari pusat sampai ke daerah dan desa bekerja dalam frekuensi yang sama visi yang sama," katanya saat berpidato di Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (9/2/2022).

Jokowi juga menekankan pentingnya keberadaan pers nasional di tengah derasnya arus informasi yang muncul.

"Keberadaan pers, juga menjadi panduan dan pegangan bagi masyarakat untuk memperoleh sumber informasi terpercaya di tengah derasnya informasi," ungkapnya.

Presiden juga mengklaim kebebasan pers merupakan pilar penting bagi kemajuan bangsa. Sebagai negara demokrasi terbesar, kata dia, kebebasan pers dan perlindungan jurnalis di Tanah Air hal mutlak yang dilindungi undang-undang.

"Pemerintah menyadari bahwa kinerja besar transformasi bangsa ini masih banyak kekurangan dan keterbatasan. Karena itu pemerintah selalu terbuka menerima masukan dari pers agar langkah besar ini betul-betul bisa tereksekusi dan dijalankan di lapangan sehingga membawa perubahan dan memberikan kontribusi besar," katanya.

Selain itu, orang nomor satu di Indonesia ini juga mengingatkan industri Pers di Indonesia agar tidak hanya menjadi pasar dari produk teknologi digital global.

Berita lainnya:

Jokowi ingin agar industri Pers nasional secepatnya membangun dan mengembangkan platform-platform teknologi inovatif.

"Harus secepatnya dibangun dan dikembangkan platform-platform teknologi inovatif yang membantu dan memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang berkualitas, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Kepala Negara juga meminta agar insan Pers bisa mewujudkan kedaulatan informasi, dengan memperkuat ekosistem industri Pers nasional yang sehat.


Editor: Kurniati Syahdan

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Edu Talk IV YPA-MDR: Go Digital Melalui Media Ajar Interaktif