Bagikan:

FOMO Sapiens : Perkara Rencana Bebas Karantina dan Ditawannya JHT

Perkara Rencana Bebas Karantina dan Ditawannya JHT

NASIONAL | RAGAM

Jumat, 18 Feb 2022 14:20 WIB

FOMO Sapiens : Perkara Rencana Bebas Karantina dan Ditawannya JHT

Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Indonesia berencana untuk menerapkan bebas karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) mulai 1 April 2022. Rencana yang disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan Menparekraf, Sandiaga Uno ini bikin masyarakat bertanya-tanya, apalagi mengingat kasus varian Omicron yang semakin melonjak. Apakah Indonesia sudah siap bebas karantina?

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengeluarkan aturan baru untuk program Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan. Dalam aturan itu, JHT baru bisa dicairkan saat umur 56 tahun. Apa dasarnya? Kenapa aturan yang sudah ‘baik’ ini justru diporak-porandakan lagi?

Kabar-kabar di atas menjadi bahasan di FOMO Sapiens minggu ini.

1. Perkara Rencana Bebas Karantina

Aturan perjalanan kerap kali berubah selama masa pandemi, termasuk aturan masa karantina. Setelah sebelumnya pemerintahan Jokowi berencana untuk memangkas masa karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dari lima hari menjadi tiga hari per 1 Maret 2022, pekan ini pula muncul rencana bebas karantina per April 2022. Padahal, kasus omicron tengah naik-naiknya. Ada apa nih?

Baca juga : Kemenhub Siapkan Aturan Mobilitas Bepergian saat Libur Idulfitri 2022

2. Ditawannya JHT

Pekan ini warganet diramaikan dengan polemik aturan baru program Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan. Permenaker No. 2 tahun 2022 itu menyatakan JHT baru bisa dicairkan saat pekerja memasuki usia pensiun yaitu 56 tahun. Hal ini menimbulkan protes banyak kalangan, salah satunya Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang menyatakan aturan itu kejam. Seperti apa selengkapnya?

Baca juga : Ekonom: Pandemi Belum Usai, Banyak Pekerja yang Butuh Dana JHT

Simak obrolannya bareng Ian Hugen, Aika Renata, juga Jesse Adam dan Daniel Awigra (Podcast HAMburger) di FOMO Sapiens pekan ini. Selain itu, ada obrolan mengenai penembakan seorang warga yang ikut unjuk rasa penolakan penambangan emas di Sulawesi Tengah. Jangan sampai ketinggalan ya!

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Memuja Idola Sampai Sebegitunya

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Most Popular / Trending