Bagikan:

FOMO Sapiens : Lapor Kasus Korupsi Malah Jadi Tersangka dan Aturan Toa Masjid Kemenag

Lapor Kasus Korupsi Malah Jadi Tersangka dan Aturan Toa Masjid Kemenag

NASIONAL | RAGAM

Jumat, 25 Feb 2022 12:21 WIB

FOMO Sapiens : Lapor Kasus Korupsi Malah Jadi Tersangka dan Aturan Toa Masjid Kemenag

Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Setelah melaporkan Kepala Desa Citemu yang berinisial S atas kasus dugaan tindak pidana korupsi, Kaur Keuangan Desa Citemu, Cirebon, Nurhayati justru ikut dijadikan tersangka. Kenapa? Bukankah dia whistleblower atau bisa jadi justice collaborator?

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengeluarkan Surat Edaran (SE) mengenai pendoman penggunaan pengeras suara di masjid. Tujuannya, untuk mewujudkan ketenteraman, ketertiban dan kenyamanan masyarakat sekitar. Seperti apa aturannya?

Kabar-kabar di atas menjadi bahasan di FOMO Sapiens minggu ini.

1. Lapor Kasus Korupsi Malah Jadi Tersangka

Pekan ini warganet diramaikan dengan video viral Nurhayati, Kaur Keuangan Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Cirebon, Jawa Barat, yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Cirebon Kota. Itu terjadi setelah Nurhayati melaporkan adanya dugaan korupsi yang dilakukan Kepala Desa Citemu berinisial S. Nurhayati meluangkan waktunya selama dua tahun untuk membantu proses penyidikan atas dugaan kasus korupsi yang diperkirakan merugikan negara hingga 800-an juta rupiah. Bagaimana selengkapnya?

Baca juga : Pelapor Korupsi di Cirebon Jadi Tersangka, Kuasa Hukum Ajukan Praperadilan

2. Aturan Toa Masjid Kemenag

Pernyataan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas soal aturan pengeras suara atau toa di masjid dan musala menuai polemik. Pernyataan itu disampaikan Yaqut saat ditanyai soal aturan azan di Gedung Daerah Provinsi Riau, Rabu (23/02) lalu. Yaqut menegaskan tidak ada larangan azan, namun pihaknya mengatur penggunaan pengeras suara. Hal tersebut telah tertuang secara rinci dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 5 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala. Seperti apa?

Baca juga : Refleksi 2021, Ironi Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Indonesia

Simak obrolannya bareng Ian Hugen dan Aika Renata dan juga teman-teman dari Podcast HAMburger, Jesse Adam dan Daniel Awigra di FOMO Sapiens pekan ini. Jangan sampai ketinggalan juga obrolan mengenai desain ibu kota baru yang dibangun dengan konsep kota hutan pintar, sehingga para pengendara mobil berbahan bakar fosil dilarang pindah ke IKN. Segampang itukah IKN jadi ramah lingkungan?

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Tergoda Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending