NASIONAL

FOMO Sapiens : Gelombang Ketiga Covid-19 dan Harm Reduction untuk Narkotika

"Gelombang ketiga Covid-19 dan harm reduction untuk narkotika"

FOMO Sapiens : Gelombang Ketiga Covid-19 dan Harm Reduction untuk Narkotika
Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Kasus harian Covid-19 semakin melonjak terutama dengan munculnya varian Omicron. Para epidemiolog menyatakan Indonesia sudah memasuki gelombang ketiga pandemi. Meski begitu, pemerintah dinilai masih belum mengambil langkah serius. Sekolah-sekolah masih banyak yang melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Kenapa?

Pendekatan harm reduction dalam menangani kasus narkoba masih jarang digunakan dibanding pendekatan lainnya, seperti supply reduction dan demand reduction. Padahal pendekatan itu nggak kalah penting dibanding 2 pendekatan lainnya. Apa itu pendekatan Harm Reduction? Kenapa penting?

Kabar-kabar di atas menjadi bahasan di FOMO Sapiens minggu ini.

1. Gelombang Ketiga Covid-19

Peningkatan kasus Covid-19 pekan ini terbilang tinggi. Per Kamis (03/02) kemarin kasus harian menyentuh angka 27 ribuan. Sementara hari sebelumnya, Rabu (02/02) kasus Covid-19 mencapai 17 ribuan kasus. Ini seiring dengan penyebaran varian Omicron yang sangat cepat. Meski demikian, sejumlah daerah masih menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bahkan per hari ini, Jumat (04/02), pemerintah memutuskan untuk membuka kembali rute penerbangan internasional dari dan ke Bali. Siapkah Indonesia masuk gelombang ketiga Covid-19?

Baca juga : Omicron Meningkat, Anggota DPR: Jangan Anggap Remeh

2. Harm Reduction Untuk Kasus Narkotika

Pekan ini warganet diramaikan dengan viralnya video upaya penangkapan narkoba jenis sabu di Medan, Sumatera Utara. Setelah diperiksa, barang yang diduga sabu dan dibungkus dalam kemasan teh hijau itu ternyata garam. Dua orang yang diduga pengedar tidak ditahan namun hanya dilakukan assessment saja. Upaya penangkapan macam ini merupakan contoh pendekatan supply reduction dan demand reduction dengan niatan memutus tali pengedar dan pengguna narkotika. Ada satu lagi pendekatan yang sangat penting namun masih jarang digunakan untuk menangani masalah narkotika, namanya harm reduction. Apa itu? Bagaimana penerapannya?

Baca juga : Temuan Bisnis Rehabilitasi Kasus Narkoba, Ini Saran Komisi III DPR

Selengkapnya akan dibahas di FOMO Sapiens pekan ini bareng Ian Hugen, Aika Renata bareng Jesse Adam dan Daniel Awigra dari Podcast HAMburger. Ada juga obrolan mengenai Museum Holocaust Yahudi di Minahasa, Sulawesi Utara, yang pembangunannya menuai pro dan kontra dari berbagai pihak.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

  • #podcast
  • #fomosapiens
  • #pandemi
  • #harmreduction
  • #garut
  • #PTM
  • #museumholocaust
  • #minahasa
  • #HAMBurger

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!