Vaksinasi Covid-19, Survei IPI: Lebih 40 Persen Responden Enggan

"Jadi kalau ditotal kurang lebih 13 persen warga yang bersedia untuk membayar mendapatkan vaksin,"

BERITA | NASIONAL | RAGAM

Senin, 22 Feb 2021 08:33 WIB

Author

Muthia Kusuma

Vaksinasi Covid-19, Survei IPI: Lebih 40 Persen Responden Enggan

Vaksinasi COVID-19 kepada nakes di Puskesmas Merdeka Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (18/2). (Antara/Feny Selly)

KBR, Jakarta-     Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait vaksinasi Covid-19. Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, sebanyak 32,1 persen masyarakat kurang bersedia untuk divaksin. Sementara 8,9 persen lainnya menjawab sangat tidak bersedia divaksin.

Kata Burhanuddin, sebagian besar masyarakat yang menolak divaksin karena alasan khawatir dengan efek sampingnya. Sementara masyarakat yang cukup bersedia divaksin sejumlah 39,1 persen dan 15,8 persen lainnya sangat bersedia divaksin.

"Kalau misalnya bapak ibu bersedia divaksin, bersedia membayar atau membeli vaksin atau tidak? Itu 23,7 persen dari 55 persen itu bersedia untuk membayar. Jadi kalau ditotal kurang lebih 13 persen warga yang bersedia untuk membayar mendapatkan vaksin," ungkap Burhanuddin dalam keterangan persnya yang disiarkan melalui media sosial Indikator Politik Indonesia, Minggu (21/2/2021).

Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi menambahkan, berdasarkan survei itu, masyarakat yang meyakini efektivitas vaksin dapat mencegah penularan Covid-19 paling tinggi pada pendapatan kisaran Rp1,2 - Rp2 juta/bulan, yaitu sebanyak 31,2 persen. Kemudian kelompok warga dengan pendapatan di atas Rp2 juta/bulan sebanyak 30,7 persen. Selanjutnya ada 30,1 persen percaya efektivitas vaksin pada kelompok masyarakat dengan pendapatan Rp1,2 juta/bulan.

Indikator Politik Indonesia menggelar survei pada rentang waktu 1 hingga 3 Februari 2021. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden menggunakan metode simple random sampling. Toleransi kesalahan atau margin of error sebesar kurang lebih 2,9 persen.

Sampel responden berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Editor: Rony Sitanggang


Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Upaya Kurangi Risiko Bencana Iklim

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Perkara Bukber Tahun ini

Kabar Baru Jam 10