Pemerintah Imbau Rayakan Imlek di Rumah Saja

"Bapak-Ibu sekalian, tanpa mengurangi makna-makna tersebut saya mengimbau, agar teman-teman dari umat Konghucu dan Tionghoa bisa melaksanakan Tahun Baru Imlek ini juga dengan cara yang baru."

BERITA | NASIONAL

Kamis, 04 Feb 2021 14:05 WIB

Author

Dwi Reinjani

Pemerintah Imbau Rayakan Imlek di Rumah Saja

Persiapan Imlek di Vihara Dhanagun, Kota Bogor, Jabar, Kamis (04/02). (Antara/Yulius Satria)

KBR, Jakarta-   Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengimbau agar masyarakat yang merayakan hari raya Imlek, dilakukan bersama keluarga di rumah. Menurutnya dalam masa pandemi covid-19, banyak cara baru yang bisa dilakukan agar tetap bisa berkumpul, salah satunya dengan pemanfaatan platform digital.

“Oleh karena itu Bapak-Ibu sekalian, tanpa mengurangi makna-makna tersebut saya mengimbau, agar teman-teman dari umat Konghucu dan Tionghoa bisa melaksanakan Tahun Baru Imlek ini juga dengan cara yang baru. Cara di mana kita melakukannya bersama dengan keluarga kita, kita melakukannya bersama di rumah kita, dan kita melakukannya bersama dengan cara-cara masa kini, dengan cara-cara digital.” Ujar Budi Gunadi, dalam keterangannya di kantor presiden, Kamis (04/02/2021).

Budi Gunadi menyarankan kebiasaan-kebiasaan lama untuk sementara diubah ke kebiasaan baru, misalnya. Jika setiap Imlek keluarga akan saling memberikan angpao, maka menurut Budi, kegiatan itu bisa diganti dengan mentransfer. Kemudian kebiasaan menonton barongsai bersama secara langsung, bisa diganti dengan menonton acara imlek dari kanal YouTube atau TV.

“Walaupun amplop merahnya seru, yang lebih seru kan yang di dalam amplop merahnya. Kita bisa juga melakukan itu, apa mengirimkannya di amplop merahnya itu dengan digital, sekarang sudah sangat mudah. Jadi cara Baru Imlek bagus juga kalau kita melakukannya dengan transfer. Menonton Barongsai, barongsai pun bisa juga ditampilkan di YouTube, malah Kita juga bisa mengadakan lomba barongsai mana yang paling bagus sekalian di YouTube.” Ujarnya.

Ia menegaskan cara-cara baru tersebut jika dilakukan bisa sangat membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi covid-19. Mmenurutnya perayaan tetap bisa dilakukan bersama, dengan tetap mentaati protokol kesehatan, salah satunya menjaga jarak. Dengan begitu, maka tidak akan ada kerumunan masyarakat yang berpotensi menyebarkan virus secara masif.


Editor: Rony Sitanggang 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Jurus Investasi Reksadana Antitekor

Kiat Asyik Tegakkan Prokes saat Rayakan Hari Raya

Kabar Baru Jam 7

Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19 Klaster Idulfitri