Indonesia-Malaysia Sepakati Aturan Koridor Perjalanan

"dimasa sulit seperti ini menjadi kepentingan ASEAN untuk terus menunjukkan soliditas"

BERITA | NASIONAL

Jumat, 05 Feb 2021 18:36 WIB

Author

Resky Novianto

Indonesia-Malaysia Sepakati Aturan Koridor Perjalanan

Presiden Joko Widodo. (foto: Antara)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengungkapkan, aturan koridor perjalanan, atau travel corridor arrangement (TCA) antara Indonesia dan Malaysia akan segera disepakati dalam waktu dekat.

Kabar baik ini, menjadi salah satu kesepakatan bilateral antar dua negara, saat pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yasin di Istana Negara, Jakarta, Jumat (5/2/2021).

"Saya juga menyambut baik kesepakatan secara prinsip dibentuknya travel corridor arrangement TCA kedua negara dan mengenai waktu pemberlakuan TCA Akan dikomunikasikan Kemudian. Saya juga menyampaikan pentingnya segera menyelesaikan ASEAN travel corridor framework, dan dimasa sulit seperti ini menjadi kepentingan ASEAN untuk terus menunjukkan soliditas," ujar Jokowi di Istana Negara, Jumat (5/2/2021).

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menerangkan travel corridor arrangement berlaku untuk perjalanan bisnis essensial dan perjalanan diplomatik dan kedinasan yang mendesak.

Sebagaimana pengaturan TCA dengan negara lain, penerapan protokol kesehatan dengan disiplin ketat akan menjadi bagian utama dari pengaturan TCA ini.

Retno mencontohkan, Kesepakatan TCA ini telah disepakati dengan Singapura.

Pengaturan TCA Indonesia-Singapura ini telah berlaku pada 26 Oktober 2020.

Perjalanan dapat dilakukan, sesuai proses aplikasi visa elektronik imigrasi untuk Indonesia dan safe travel pass untuk Singapura.

Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Belajar dari Lonjakan Kasus di India

Kabar Baru Jam 7

Gua Hira dan Cahaya Semesta

Kabar Baru Jam 8

Menyoal Tenggelamnya Kapal Selam dan Upaya Modernisasi Alutsista