Imbas Pandemi Covid-19, Program Satu Juta Rumah Tak Capai Target

"Tapi jika dilihat dari target penyalurannya, maka capaian Program Satu Juta Rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Tahun 2020 melampaui target,"

BERITA | NASIONAL

Selasa, 09 Feb 2021 21:01 WIB

Author

Astri Septiani

Imbas Pandemi Covid-19, Program Satu Juta Rumah Tak Capai Target

ilustrasi perumahan. (foto: Antara)

KBR, Jakarta - Program Satu Juta Rumah dari pemerintah tidak mencapai target di Tahun 2020, imbas pandemi covid-19.

"Yaitu sebesar 965.217 unit, di mana kurang lebih 80 persennya disalurkan untuk MBR (masyarakat berpenghasilan rendah). Meskipun demikian, capaian tersebut cukup bagus karena di tengah kondisi perekonomian yang sulit ini, terealisasi sekitar 96,5 persen dari target yang ditetapkan," kata Wakil Presiden, Ma'ruf Amin saat membuka Musyawarah Nasional APERSI, di Jakarta, Selasa (9/2/21).

Sementara capaian program satu juta rumah di Tahun 2018 dan 2019 berhasil mencapai angka di atas satu juta unit, dengan rata-rata penyaluran kurang lebih 70 persen.

"Tapi jika dilihat dari target penyalurannya, maka capaian Program Satu Juta Rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Tahun 2020 melampaui target, yakni 80 persen dari target 70 persen yang ditetapkan," kata dia.

Orang nomor dua di Indonesia itu juga meminta pemerintah, baik pusat maupun daerah memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah, melalui subsidi dan fasilitasi.

Ma'ruf Amin juga meminta kerja sama dan koordinasi semua pihak, termasuk antara pemerintah dengan pengembang perumahan dalam rangka memenuhi kebutuhan tempat tinggal bagi masyarakat.

"Memiliki rumah yang sehat dan berkualitas merupakan dambaan setiap keluarga, oleh karena itu pembangunan rumah yang baik tidak hanya berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi, tetapi juga penting sebagai prasarana dalam membantu membentuk karakter generasi masa depan bangsa," katanya.

Ma'ruf juga menekankan bahwa keluarga merupakan “madrasah” pertama bagi anak-anak.

"Oleh karena itu, dukungan lingkungan yang nyaman dan sehat berpengaruh positif bagi orang tua dalam membesarkan dan mendidik anak," katanya.

Rumah juga menjadi kebutuhan dasar yang sangat diperlukan masyarakat untuk melangsungkan kehidupannya, tambah Ma'ruf Amin.

Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramai-ramai Mudik Dini

Ramadan (Masih) dalam Pandemi Covid-19

Kabar Baru Jam 8

Disability Right Fund (DRF) Mitra Disability People Organisation (DPO)