Indonesia Siapkan Ribuan Kamar Isolasi Bagi Pasien Corona

Jumlah kamar isolasi negatif yang dimiliki Indonesia berjumlah 227 dan 1000 lebih kamar isolasi biasa, tersebar di seluruh Indonesia.

BERITA | NASIONAL

Senin, 17 Feb 2020 13:31 WIB

Author

Dwi Reinjani

Indonesia Siapkan Ribuan Kamar Isolasi Bagi Pasien Corona

Menko PMK Muhadjir Effendy dalam rakor menteri di Jakarta, Senin (6/1/2020). (Foto: ANTARA/Aprillio Akbar)

KBR, Jakarta - Pemerintah mengklaim telah menyiapkan seluruh rumah sakit di Indonesia untuk bisa menangani pasien virus corona COVID-19 apabila ditemukan.

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi mengatakan saat ini sudah ada banyak ruang isolasi di rumah sakit yang bisa digunakan untuk menampung pasien Corona, seperti penanganan isolasi pada virus lainnya.

“Seluruh rumah sakit kita memiliki kesiapan menghadapi jika sewaktu-waktu, ada pasien yang terkena Corona. Terutama untuk ruang-ruang isolasi. Pak Menkes  menyampaikan ada ribuan ruang isolasi. Memang dibutuhkan ruang isolasi yang bertekanan negatif, tapi itu hanya diperlukan kalau memang ada pasien yang sudah dalam keadaan gawat," kata Muhadjir, di Kantor Staf Presiden (KSP) Jakarta, Senin (17/2/2020).

Muhadjir mengatakan penggunaan kamar isolasi negatif hanya akan digunakan pada pasien positif COVId-19 atau yang sudah parah.

Jika tidak ada, maka hanya akan menggunakan ruang isolasi biasa.

Jumlah kamar isolasi negatif yang dimiliki Indonesia berjumlah 227 dan 1000 lebih kamar isolasi biasa, tersebar di seluruh Indonesia.

Di tempat sama, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan Indonesia sudah sangat siap menghadapi wabah virus corona COVID-19.

Selain menyiapkan tenaga medis dan perlengkapan medis, pembatasan dan pengetatan di 135 pintu keluar masuk Indonesia juga dilakukan.

Namun Terawan mengatakan pembatasan dan pemeriksaan intensif hanya akan dilakukan kepada WNI atau WNA yang akan masuk ke Indonesia, dari wilayah Wuhan China. Selebihnya hanya akan melalui pemeriksaan biasa sesuai standar WHO.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Jokowi Janjikan Bantuan ke Pekerja Informal agar Tidak Mudik di Tengah Wabah Korona

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Benarkah Bawang Merah yang Dikupas Bisa Menyedot dan Membunuh Virus?