Corona di Kapal Diamond Princess, Jokowi: Pemulangan WNI Masih Dibahas dengan Jepang

"Sudah dibawa juga ke rumah sakit yang ada di Jepang. KBRI, kementerian luar negeri selalu memantau itu."

BERITA | NASIONAL

Kamis, 20 Feb 2020 13:16 WIB

Author

Dwi Reinjani

Corona di Kapal Diamond Princess, Jokowi: Pemulangan WNI Masih Dibahas dengan Jepang

Kapal pesiar Diamond Princess di Terminal Dermaga Pesiar Daikoku di Yokohama, Jepang, Minggu (16/2/2020). (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Presiden, Joko Widodo mengatakan, keempat Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia yang bekerja di kapal pesiar Jepang, Diamond Princess, sudah ditangani rumah sakit Jepang. Ia mengatakan pemerintah Indonesia dan otoritas Jepang akan terus memantau mereka termasuk puluhan WNI yang menjadi pekerja di kapal tersebut.

“Bahwa ada empat yang terkena dan positif kena virus Corona di kapal pesiar Diamond Princess, yang ada di Jepang dan itu sudah dibawa juga ke rumah sakit yang ada di Jepang. KBRI, kementerian luar negeri selalu memantau itu. Tetapi juga kita ingat yang ada di kapal juga masih kurang lebih 70an. Ini yang terus dikomunikasikan kementerian luar negeri.” Ujar Jokowi, di Hotel Ritz Carlton, Kamis, (20/02/2020).

Jokowi mengatakan pemerintah saat ini sedang terus memastikan keempat ABK Positiv COVID-19 dan ke 74 lainnya ditangani dengan baik sesuai standar WHO. Ia mengatakan belum ada opsi pemulangan atau evakuasi yang akan dilakukan pemerintah kepada 74 ABK tersebut. Kata dia, hal itu masih dibicarakan dengan pemerintah jepang.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. Kata dia, pemerintah juga harus membahas terkait perizinan dan lainnya, mengingat ke 74 ABK masih terhubung dengan pemilik kapal sebagai pekerja, yang juga berada di negara Jepang.


Editor: Rony Sitanggang
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Benarkah Bawang Merah yang Dikupas Bisa Menyedot dan Membunuh Virus?

Kabar Baru Jam 17