Arab Saudi Hentikan Sementara Umrah, Ini Kata Maskapai Pengangkut Jemaah

"Lion Air senantiasa berkoordinasi dengan otoritas penerbangan setempat di Arab Saudi"

BERITA | NASIONAL

Kamis, 27 Feb 2020 12:17 WIB

Author

Rony Sitanggang

Arab Saudi Hentikan Sementara Umrah, Ini Kata Maskapai Pengangkut Jemaah

Ilustrasi (Foto: Anadolu)

KBR, Jakarta- Maskapai Lion Air tetap menerbangkan jemaah yang akan melaksanakan ibadah umrah, meski Kerajaan Arab Saudi menghentikannya. Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan hingga saat ini Lion masih mengoperasikan layanan penerbangan umrah. Kata dia belum ada pembatalan keberangkatan.

"Lion Air senantiasa berkoordinasi dengan otoritas penerbangan setempat di Arab Saudi (kota tujuan) serta akan terus mengumpulkan data dan berbagai keterangan," ujar Danang dalam keterangan tertulis yang diterima KBR, Kamis (27/02).

Kata Danang, penerbangan Lion Air di Arab Saudi meliputi Madinah-Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz dan Jeddah-Bandar Udara Internasional King Abdulaziz.

Dia memastikan maskapai akan memberitahukan kepada calon jemaah dan mitra untuk mengabarkan perkembangan kebijakan itu. 

Lion Air mengoperasikan rata-rata 4-5 kali penerbangan umrah per hari melalui berbagai bandar udara seperti Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh, Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara dan, Soetha, Tengerang, Banten. Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK).

Sebelumnya Kerajaan Arab Saudi menghentikan sementara penerimaan jemaah umrah menyusul maraknya penyebaran virus Sarcov-2  atau penyakit Covid-19 di seluruh dunia. Seperti dilaporkan kantor berita SPA, Kamis (27/2/2020), Kemlu menyatakan bahwa otoritas kesehatan Saudi mengikuti perkembangan terkait penyebaran virus corona yang kini juga telah menjangkiti negara tetangga di Timur Tengah, seperti Kuwait, Bahrain, dan Oman.

Saudi juga menghentikan izin masuk menggunakan visa turis dari negara-negara yang tengah mengalami wabah virus corona.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menangguhkan sementara pelayanan umrah bagi warga dari luar kerajaan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona baru.

"Telah dilaksanakan penangguhan masuknya warga non-Saudi ke Kerajaan Saudi untuk tujuan umrah dan kunjungan lain serta penghentian penerbitan visa untuk sementara," kata Wakil Menteri Haji dan Umrah untuk Urusan Umrah Arab Saudi Abdulaziz bin Wazzan dalam siaran pers Kementerian Haji Arab Saudi yang diterima di Jakarta, Kamis.

"Kementerian juga mengkonfirmasi perusahaan-perusahaan umrah dan agen luar negeri untuk membatalkan pemesanan apapun sejak diterbitkannya pengumuman ini sampai pemberitahuan lebih lanjut," katanya.

Dia mengatakan kebijakan itu diambil sebagai bagian dari upaya Kerajaan Arab Saudi untuk mencegah masuknya Covid-19.


Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Donor Darah saat Pandemi? Siapa Takut

Upaya Mahasiswa Perantau Bertahan di Masa Pandemi

PSBB Diterapkan, Kerumunan di atas Lima Orang Dilarang