BERITA

Menko Maritim Kritik Cara Berpikir Para Menteri

Menko Maritim Kritik Cara Berpikir Para Menteri

KBR, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengkritik cara berpikir keseluruhan menteri dalam tiga tahun terakhir ini yang dianggap terlalu sektoral. 

Luhut mengatakan dalam menyelesaikan persoalan, semestinya kementerian duduk bersama karena masalahnya saling berkaitan.

"Satu temuan saya selama tiga tahun saya melihat, kita tidak melihat secara holistik penanganan masalah. Kita terlalu sektoral melihat masalah. Padahal itu gampang bacanya. Publik itu banyak kritik saya, 'Pak Luhut kenapa ngurusin ini ngurusin itu? Lah, kalau saya bicara perhubungan sama Pak Budi, pasti saya akan terlibat dengan Kemenkeu, Bappenas, ATR, KLHK. Duduklah, supaya bisa penyelesaian terintegrasi," kata Luhut di Gedung Maritim, Kemenhub, Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Luhut mencontohkan, salah satu perusahaan BUMN PT INKA berhasil menciptakan kualitas kereta api yang tak kalah dengan kereta buatan perusahaan Korea Selatan Hyundai. Tetapi, kata Luhut, kalau PT INKA tidak didukung kementerian lain, maka kereta itu hanya istimewa di negeri sendiri.

"Sama saja dengan kereta api itu. Saya bilang harus ada integratornya. Kalau tidak diintegrasikan nggak akan jalan," kata Luhut.

"Berpikir kita terlalu terkotak-kotak. Mungkin karena saya tentara, saya lama di Kopassus. Saya berpikir kita tidak bisa penyelesaian operasi itu hanya oleh satu orang. Makanya saya mendesain Kopassus ada spesialisasi. Itu di zaman saya," kata Luhut. 

Editor: Agus Luqman 

  • Luhut Binsar Pandjaitan
  • Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan
  • kinerja Kabinet Kerja
  • Kabinet Kerja
  • kinerja menteri

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!