BERITA

TKI Zubaidah Tewas di Malaysia, Menlu: Karena Penganiayaan

TKI Zubaidah Tewas  di Malaysia, Menlu:  Karena Penganiayaan


KBR, Jakarta- Kementerian Luar Negeri menyatakan kematian tenaga kerja Indonesia di Malaysia, Zubaidah, karena penganiayaan. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, fakta itu dia peroleh setelah pemeriksaan jenazah Zubaidah oleh rumah sakit di Malaysia.

Kata Retno, temuan itu berbeda dari pernyataan sang majikan yang menyebut Zubaidah tewas karena terjatuh dari tangga pada 25 Februari lalu.

"Memang terbukti bahwa kematian yang bersangkutan adalah dikarenakan atau diindikasikan karena ada pemukulan dan penganiayaan, serta bukan jatuh dari tangga, seperti yang dilaporkan majikan. Pihak majikan, suami-istri sudah ditahan oleh otoritas setempat, dan kita sudah menghubungi keluarga untuk menyampaikan mengenai masalah yang dihadapi Ibu Zubaidah," kata Retno di kantornya, Selasa (28/02/17).


Retno mengatakan, saat ini kementeriannya tengah membantu proses pemulangan jenazah Zubaidah ke Indonesia. Kata Retno, pemulangan jenazah itu merupakan permintaan pihak keluarga.


Retno berujar, saat ini pemerintah Indonesia akan mengikuti setiap proses hukum kasus Zubaidah di Malaysia. Kata dia, pihak kedutaan besar juga telah menyiapkan tim untuk mengikuti prosesnya di pengadilan.


Editor: Rony Sitanggang

  • Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
  • TKI Zubaidah tewas di Malaysia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!